BELAJAR KELOMPOK


Mading Kelas 4B

Assalamulaikum, teman-teman? Apa kabar? Mengakhiri Februari dan memasuki Maret yang penuh keceriaan tentunya. Kali ini kelas 4B akan menunjukkan sebuah karya sederhana, akan tetapi di dalamnya banyak sekali nilai-nilai yang akan bermanfaat. 4B membuat mading sederhana tentang pengertian paragraf induktif dan paragraf deduktif. Secara singkat dan sederhana saja. Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya ada di awal kalimat. Kalimat utama inilah yang biasanya keluar di ujian, biasanya kalimat utama adalah kalimat kunci untuk menemukan ide pokok. Lain halnya paragraf induktif, paragraf induktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya ada di akhir paragraf. Itulah perbedaan antara paragraf induktif dan paragraf deduktif.


Kelas 4 usia antara 10 sampai 11 tahun sudah bisa mandiri. Daya pikir untuk menalar dan menyerap perintah guru sudah berkembang dengan baik. Maka dari itu, guru mengajak anak-anak untuk berdinamika kelompok. Apa itu dinamika kelompok? Dinamika kelompok kegiatan berkelompok yang saling berinteraksi, saling mempengaruhi dalam suatu kelompok agar mampu bergerak, berkembang untuk mencapai tujuan. Membuat mading sepertinya memang mudah, akan tetapi jika dilihat dari prosesnya, anak-anak rupanya juga memiliki kendala. Tujuan dari berkelompok adalah menemukan masalah, mencari solusi, berdiskusi dan bekerja sama. Kendala seperti ada beberapa anak yang mungkin malas, tidak mau ikut, nah ini adalah tugas satu kelompok bagaimana mengatasi kendala tersebut.

Manfaat kegiatan berkelompok sangat banyak lho teman-teman. Apa saja ya? Simak penjelasan berikut ini, ya!
1. Berkelompok bisa membuat jiwa sosial kalian menjadi kuat. Berkelompok membuat kalian saling tolong-menolong, saling membantu, dan saling melengkapi.
2. Membuang sifat egois. Memang anak-anak usia sekolah dasar masih kokoh egoisnya, tapi dengan berkelompok sifat egois yang tidak bagus itu bisa dibuang lho. Belajar mementingkan kelompok daripada kepentingan pribadi.
3. Berkelompok membuat hubungan antar teman menjadi kompak, persaudaraan yang erat, dan sikap saling peduli.
4. Berkelompok membuat kalian bertanggung jawab atas tugas masing-masing. Biasanya dalam berkelompok pasti beberapa anak mendapatkan tugas untuk membawa peralatan. Nah dari situ, jika adaanak-anak yang tidak membawa peralatan akan membuat dampak yang besar bagi kelompok.
5. Berkelompok membuat pekerjaan menjadi ringan, mudah, dan efektif.
6. Berkelompok mengajarkan kalian bagaimana berdiskusi dengan baik, menemukan masalah, mencari jalan keluar dari masalah yang ada, dan menyelesaikan masalah.
7. Berkelompok juga sebagai jembatan kalian untuk belajar mengemukakan pendapat.
8. Berkelompok membuat semua bergerak. Pastinya dalam berkelompok ada yang pendiam, ada yang cerewet, ada yang biasa saja, ada yang malas, ada yang rajin. Nah jika ada teman yang malas, maka teman yang lain pasti mengingatkan biasanya sih yang cerewet. Semua saling memotivasi agar tercapai tujuan.

Ada 8 manfaat yang bisa kita ambil dari pembelajaran berdinamika kelompok. Untuk media belajarnya anak-anak berkreasi menggunakan kertas lipas warna-warni. Membuat pola gambar tempel yang indah untuk kemudian menjadi pelengkap mading mereka. Setiap anak menyalurkan kemampuannya entah itu menulis indah, membuat hiasan dan yang lain-lain. Ada yang menggunting, ada yang menempelkan. Jika saja dikerjakan sendiri, maka tidak efisien. Maka dari itu, dibutuhkan kerja sama untuk menyelesaikan tugasnya. Selain berkelompok anak-naka juga diajari untuk berkreasi menggunakan kertas lipat, seperti membuat bentuk daun dari kertas lipat, membuat bunga, membuat kincir angin dari kertas lipat, motif daun sesuai dengan kreativitas mereka. Demikianlah dari kelas 4B semoga bermanfaat! Tetap semangat! #lila4b

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "BELAJAR KELOMPOK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel