Belajar dengan Mind Mapping


Mind Mapping Kreatif Karya Siswa Kelas 4A




Mind Mapping Karya Kelas 4A

Mempelajari segala sesuatu dengan mudah merupakan suatu hal yang diinginkan oleh setiap orang. Salah satunya, dalam dunia pendidikan yang tidak terlepas dari kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, tentu membutuhkan metode atau cara-cara yang mudah agar tujuan pembelajaran yang diinginkan tercapai. Ketika mengajar, guru selalu menggunakan metode sebagai sarana untuk memudahkan penyampaian materi. Sedangkan siswa juga membutuhkan metode untuk memudahkan menyerap materi dari apa yang sudah disampaikan gurunya. Lalu, metode seperti apa yang diinginkan? Yuk, simak penjelasannya dengan detail di bawah ini.
Mind Mapping Karya Kelas 4A
Tahukah kalian apa itu Mind Mapping? Mind Mapping atau Peta Pikiran mungkin suatu kata yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, termasuk dalam dunia pendidikan. Ya, Mind Mapping adalah suatu metode yang sudah sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Salah satunya, kegiatan pembelajaran kali ini di Kelas 4A yang juga menggunakan Mind Mapping untuk memudahkan mengingat dan memahami tentang makna dan pengamalan sila-sila Pancasila. Lalu bagaimana detailnya tentang Mind Mapping itu sendiri? Apa manfaat menggunakan metode Mind Mapping?. Mind Mapping adalah salah satu metode untuk mengelola informasi secara keseluruhan melalui pemetaan peta pikiran berbentuk percabangan yang dikemas langsung ke dalam media tulis (baik kertas maupun digital). Manfaat dari metode Mind Mapping diantaranya untuk memudahkan dalam proses mengingat, mempercepat proses mencatat, karena hanya menggunakan kata kunci, memudahkan kita mengingat suatu informasi utama karena tema utama terdefinisi dengan jelas di tengah. Sehingga dengan hadirnya Mind Mapping tentu menjadi solusi penting bagi yang mempunyai kendala dalam memahami atau menghafal suatu materi.
Nah, selanjutnya, Bagaimana ya tahap-tahap membuat Mind Mapping seperti karya kelas 4A ini? Berikut penjelasannya. Simak dengan baik ya. Membuat Mind Mapping sebenarnya tidak susah, cukup menggunakan kertas kosong, mempersiapkan alat tulis, gambar dan menentukan poin-poin penting atau kata kunci informasi yang akan ditulis. Namun, untuk menghasilkan Mind Mapping yang kreatif, tentunya ada hal-hal penting yang harus kita perhatikan, diantaranya ;
1.      Gunakan Kertas Polos. Untuk membuat Mind Mapping kalian bisa menggunakan kertas yang polos, seperti kertas HVS, kertas gambar, kertas manila, kertas karton ataupun kertas asturo.
2.      Siapkan alat tullis dan hiasan. Alat tulis seperti pensil, spidol berwarna, penggaris dan hiasan seperti pernak-pernik juga dibutuhkan dalam membuat karya Mind Mapping yang kreatif.
3.      Letakkan Tema Utama ditengah. Misalnya kita akan belajar tentang makna dan pengamalan sila-sila Pancasila, maka tema utama yang ditempatkan ditengah untuk peta pikiran tersebut adalah tentang silmbol-simbol dalam Sila Pancasila. Bisa berupa tulisan, bisa juga berupa gambar.
4.      Buatlah tema turunan yang sesuai dengan tema utama. Jika tema utamanya tentang simbol-simbol Pancasila, maka kalian bisa membuat beberapa turunan dari tema utama diantaranya adalah makna dari simbol-simbol Pancasila dan pengamalan dari sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Keterkaitan antara tema turunan satu dengan berikutnya. Kalian bisa menggunakan garis atau hiasan untuk menghubungkan tema. Kalian bisa menandai tema dengan menggunakan garis, warna maupun hiasan. Variasi dari garis, warna maupun hiasan tentu akan menambah mood kalian dalam mempelajari tema yang kalian tulis dan Mind Mapping kalian akan semakin terlihat kreatif tentunya.
6.      Tulis poin penting dengan huruf kapital. Menulis tema-tema dalam Mind Mapping dengan huruf kapital bisa kalian aplikasikan agar memudahkan kalian dalam belajar dan untuk menandai bahwa itu adalah poin penting.
7.      Buatlah modifikasi dari Mind Mapping tersebut. Tahap terakhir adalah sisakan tempat untuk modifikasi dari tema-tema yang sudah kalian buat. Kalian bisa menghias dengan bentuk-bentuk gambar kreatif, membuat hiasan bingkai ataupun menempelkan pernak-pernik.
Sampai disini dulu ya kegiatan pembelajaran dari kelas 4A. Semoga semakin menambah inspirasi kalian dalam belajar. Salam ceria dari kami!#atul4a




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Belajar dengan Mind Mapping"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel