SD MUHAMMADIYAH 03 TUMPANG ‘The Alternative and Inspiring School’.

Gedung SD Muhammadiyah 03 Tumpang
Pada hari Sabtu, 18 Januari 2020,  kami tim dari SMP Muhammadiyah Gondanglegi  diberi kesempatan untuk berkunjung, sekaligus presentasi di SD Muhammadiyah 3 Tumpang. SD yang sering dijuluki SD Mantap tersebut lokasinya dekat dengan Candi Jago. Candi Jago adalah salah satu candi peninggalan kerajaan Hindu di wilayah Malang. Maka dari itu, selain dijuluki SD Mantap, juga sering disebut SD Jago. SD Muhammadiyah 03 Tumpang memiliki bangunan yang megah nan futuristik. Ketika kami datang, kami langsung memasuki halaman, kami takjub ketika kami disambut oleh anak-anak yang sedang latihan tapak suci di halaman berseragam jagoan merah. Memasuki ruang tamu, kami disambut dengan anak-anak lucu nan menggemaskan berseragam Hizbul Wathan lengkap dan rapi, yang hari itu siswa melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler.

Tak hanya itu, yang membuat kesan kami luar biasa di sekolah ini adalah, berjejernya piala prestasi peserta didik yang rapi di pajang mengkilat di etalase. Tidak hanya piala saja, berbagai penghargaan seperti sertifikat sekolah, gambar siswa yang berprestasi tidak luput menghiasi dinding  dengan pigora yang berbaris rapi.

Selain menjumpai piala dan penghargaan yang berderet rapi, kami kembali dibuat takjub dengan kebersihan dan kerapian di SD Muhammadiyah 03 Tumpang. Hal itu terlihat ketika kami memasuki lorong, rak sepatu tertata rapi, bahkan sandal siswa di sini juga rapi tidak ada yang tercecer sedikitpun. Itu masih lantai satu. Memasuki lantai kedua, kami menyaksikan lantai yang bersih, tangga yang bebas dari sampah. Sungguh SD Mantap ini menghadirkan kesejukan sekaligus insprasi bagi siapapun tamu yang berkunjung. SD yang sungguh luar biasa. Saat memasuki ruang presentasi, kami sudah disambut dengan ramah oleh para guru SD Muhammadiyah 03 Tumpang, inilah sosok-sosok hebat di balik barisan piala dan penghargaan tadi, dan orang-orang luar biasa ini lah yang berperan penting di balik rapinya rak sepatu di lorong yang kami jumpai.
Upacara Bendera

Sekolah Dasar Muhammadiyah ini sudah berkali-kali menjuarai berbagai macam lomba, baik tingkat kabupaten/kota, nasional, bahkan mengikuti event kejuaraan internasional. Maka tidak heran, jika SD Muhammadiyah 03 Tumpang mendapat penghargaan sebagai sekolah ‘Inspiring School’ se-Jawa Timur. Jumlah peserta didik setiap tahun juga bertambah. Hal ini juga dijelaskan oleh Kepala SD Muhammadiyah 03 Tumpang, bahwa pembukaan pertama saat PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) tahun pelajaran 2020-2021, jumlah pendaftar pertama mencapai 57 siswa. Melihat begitu antusiasnya masyarakat terhadap SD ini, maka pembukaan PPDB dibuka menjadi dua gelombang di hari selanjutnya. Luar biasa. Lalu apa yang membuat SD Muhammadiyah 03 Tumpang mendapat tempat istimewa di hati masyarakat? Jawabannya tentu saja SD jago selalu memberikan inspirasi, terus meningkatkan mutu, dan kualitas dengan perpaduan sarana yang representatif, prestasi yang terjaga, serta memberikan pelayanan prima. Hal inilah alasan mengapa SD Muhammadiyah 3 Tumpang menjadi sekolah  ‘The Alternative and Inspiring School’.
                 
Boleh dikatakan, lokasi SD Muhammadiyah 03 Tumpang cukup jauh dari perkotaan, dekat desa, berlokasi di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Letak sekolah boleh dibilang di desa, akan tetapi ketika melihat sederet prestasi dan kualitas, kami berani berpendapat meski sekolahnya di desa tapi prestasi melejit setinggi-tingginya. Sekolah ini adalah sekolah favorit, dan maju yang menjamin mutu, kualitas, dan pelayanan yang tak kalah dengan sekolah favorit yang ada di kota. Penghargaan dan prestasi seperti ini menurut kami  tidak diraih dengan mudah, selalu ada guru-guru yang ikhlas, dan berani berjuang dengan luar biasa, pun tentunya anak-anak yang luar biasa. Pesan kami, semoga SD Muhammadiyah 03 Tumpang selalu menginpirasi untuk semuanya dan maju terus dalam prestasi.

Oleh : Bapak Pangardi KS SMP Muhammadiyah Gondanglegi Kab.Malang

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "SD MUHAMMADIYAH 03 TUMPANG ‘The Alternative and Inspiring School’."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel