PLASTISIN ADONAN PENGGANTI TANAH LIAT

aneka bentuk dari plastisin
Assalamualaikum. Halo sobat, ketika ide muncul maka kreativtas akan tergerak. Benda di sekitar kita mempunyai nilai produk yang tinggi. Kita dapat membuat atau memperbarui benda tersebut menjadi sesuatu yang kita inginkan. Tanah, daun, biji merupakan contoh benda yang bisa kita kreasikan menjadi karya yang menarik. Selain benda alami yang mudah didapat, ada pula bahan buatan yang bisa dijadikan alternatif untuk berkarya yaitu plastisin. Plastisin atau biasa disebut malam memiliki tekstur yang lunak dan mudah untuk dibentuk. Plastisin sendiri merupakan adonan penggnati tanah liat yang ditemukan oleh guru seni di Inggris bernama William Harbut. 

Awalnya ditemukan untuk pelajaran seni muridnya, lalu berkembang hingga sekarang. Melalui  plastisin berbagai macam miniatur benda nyata dapat dibuat seperti vas bunga, tempat pensil, dan berbagai karakter yang lain. Plastisin merupakan bahan lunak yang mudah dibentuk. Kreasi dari plastisin sangat banyak. Jenis-jenis plastisin antara lain, yang pertama adalah malam. Malam terbuat dari pencampuran parafin  yang memiliki bentuk lunak sehingga dapat dibentuk kembali. Malam memiliki kelebihan tidak mudah kotor. Kalian bisa membelinya di toko mainan, ada banyak warna yang ditawarkan dan bisa dikreasikan menurut imajinasi kalian. Yang kedua, yakni plastisin clay sifat yang lebih keras dibanding dengan plastisin jenis malam,mempunyai bentuk yang solid dan dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah.

Beberapa tips yang  bisa kalian erapkan ketika membuat malam nih. Ayo simak baik-baik-baik!
1. Simpanlah permainan plastisin atau playdough setelah digunakan, bungkuslah mainan ini ke dalam kantong Ziplock atau wadah plastik, jangan sampai kalian membiarkannya kering, karena nanti akan sulit dibentuk. Selain itu, Kalian juga bisa menyimpan plastisin di dalam lemari es. Hal ini berfungsi untuk membuatnya lebih tahan lama lho. Ketika lilin plastisin disimpan di lemari es, plastisin akan  bertahan kurang lebih 3 – 7 hari.
2. Tambahkan garam.  Garam memiliki fungsi mengikat air sehingga kekenyalan dan kelembaban adonan dapat bertahan lebih lama.
Beberapa tips di atas semoga bermanfaat ya. Selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat kita bermain dengan plastisin. Wah apa saja? Coba kita perhatikan penjelasan berikut. 

Menuangkan ide melalui karya plastisin memiliki manfaat yang banyak.
1. Menghilangkan stres
Memainkan plastisin membuat kita menjadi rileks dan tenang sama halnya seperti menekan gelembung plastik atau bermain spiner
2. Memicu daya pikir
Secara otomatis otak akan memikirkan langkah-langkah sederhana untuk membuat suatu benda ketika kita memegang plastisin
3. Mengembangkan imajinasi
Imajinasi tidak kalah penting dalam pembuatan suatu karya. Semakin senang kita memainkan plastisin semakin berkembang pula imajinasi kita. Nah itulah beberapa manfaat yang dapat kita rasakan saat mambuat suatu karya dari benda disekitar kita. Tidak hanya untuk hiasan namun karya yang kita buat bisa kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan lelah untuk belajar jangan lupa membaca hari ini.

Bagaimana cara memulainya. Paling mudah bentuklah plastisin dari bangun datar seperti lingkaran, segitiga, persegi. Bentuk selanjutnya kalian bisa membentuk huruf dan angka mulai dari abjad A-Z, angka 1 sampai 10. Setelah bentuk huruf, kita akan membuat variasi hewan-hewanan dan tumbuhan. Memang sudah agak rumit, tapi jika kita telaten akan mudah kok. Bentuk apapun akan indah jika kita bermain dengan kreativitas yang tinggi dan imajinasi yang baik. Maka dari itu, tetap dilatih dan belajar ya! #rio6b

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "PLASTISIN ADONAN PENGGANTI TANAH LIAT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel