Kliping yang Simpel, Praktis, Menarik, dan Kaya Ilmu Pengetahuan Karya Kelas 4A

Kliping Karya siswa kelas 4A
Halo teman, kalian tahu nggak apa itu Kliping? Pernah dengar kata Kliping? Nah, bagi yang masih belum tahu apa itu kliping, saatnya kita bagi-bagi sedikit ilmu tentang kliping. Yuk, dikepoin penjelasannya sampai titik terakhir, yah. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi mendengar apa yang dinamakan kliping. Bahkan mungkin sudah banyak yang berkreasi membuat kliping baik di dunia pendidikan yang digunakan sebagai media atau sumber belajar siswa, ataupun di rumah untuk koleksi pribadi.
Nah, yang berikut ini adalah penjelasan dari kliping itu sendiri. Kliping itu adalah salah satu budaya literasi yang sangat baik untuk dipertahankan dan dilestarikan. Kliping juga sebagai media penunjang informasi yang didapatkan dari sebuah aktivitas menggunting bagian atau sisi tertentu melalui bahan-bahan yang dikumpulkan dari surat kabar atau koran, buku, majalah, novel, artikel-artikel, wawancara, kemudian dikumpulkan dan dikemas secara menarik menjadi koleksi informasi yang bernilai ilmu pengetahuan. Kliping itu bisa kita buat dalam bentuk yang simpel dan praktis, lho. Seperti yang dilakukan oleh siswa dari SD Muhammadiyah 03 Tumpang kali ini, teman. Jika dilihat dari bentuknya yang simpel dan praktis, memang tampaknya membuat kliping itu mudah dilakukan ya, namun kita juga tidak bisa membuatnya dengan sembarangan. Ada aturan dan sistematikanya sendiri yang harus dipenuhi supaya bisa menjadi karya yang baik dan mudah dipahami. Sampai sini mungkin sudah ada gambaran sedikit yah tentang kliping. Lalu, apa sih tujuan dan manfaat membuat kliping itu?
Kliping sendiri memiliki tujuan untuk dapat menggabungkan serta mengumpulkan suatu informasi atau pengetahuan dalam tema tertentu yang awalnya dari sumber yang beragam, menjadi satu. Gambar maupun potongan-potongan dari berbagai sumber yang beragam tadi yang hendak dijadikan kliping, harus mempunyai isi dan pembahasan topik yang sama, yah. Misalnya saja kliping yang kita buat kali ini yang mengusung tema tentang keberagaman suku bangsa di Indonesia. Jadi yang diperlukan yaitu mencari sumber-sumber yang berkaitan dengan tema tersebut untuk dijadikan sebuah kliping yang utuh. Sumber-sumbernya kita dapatkan dari media internet, yaitu mencari gambar dan ulasan tentang upacara adat, rumah adat, pakaian adat, alat musik daerah, tari tradisional, kesenian, dan yang lainnya. Sumber-sumber tersebut nantinya akan kita kemas dan dihias untuk mengahasilkan kliping yang menarik dan bernilai ilmu pengetahuan.
Lalu, apa saja sih manfaat membuat kliping itu? Sebenarnya kliping itu memiliki manfaat yang amat banyak, lho. Menurut kita, manfaat membuat kliping itu dapat melatih kreativitas tentang bagaimanakah langkah yang baik dan kreatif untuk membuat kliping supaya terlihat lebih menarik dan darimana sumber-sumber yang didapatkan serta hal-hal penting yang harus dipelajari. Dengan begitu, kita akan lebih banyak membaca informasi yang mengandung ilmu pengetahuan dan mempelajari pengertian kliping, tujuan, manfaat, serta langkah-langkah membuat kliping. 
Nah, sekarang mungkin dibenak kalian bertanya-tanya, bagaimana ya tahap-tahap membuat kliping itu? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini secara detail. 
1) Tentukan tema. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat kliping adalah menentukan tema. Tujuan dari tema disini adalah untuk memfokuskan karya kliping yang akan kita buat dan supaya pembacanya lebih mudah memahami jika tema yang kita gunakan itu spesifik.
2) Temukan Gambar dan Informasi. Jika kita sudah selesai menentukan tema, maka langkah selanjutnya adalah mencari gambar dan informasi yang sesuai dengan tema. Misalnya saja temanya tentang Keberagaman suku bangsa di Indonesia. Tentunya, kita harus mencari gambar dan informasi yang bisa kita dapatkan dari berbagai sumber, misalnya dari media internet, yaitu tentang upacara adat, rumah adat, pakaian adat, alat musik tradisional, lagu daerah, tari daerah, kesenian, dan sebagainya. Kita juga bisa mencari gambar dan informasi dari media lain, seperti dari koran, majalah, wawancara, ulasan seseorang, dan yang lainnya.
3) Siapkan alat. Jika datanya sudah terkumpul , maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan alat yang diperlukan untuk proses pembuatan kliping. Alat-alat tersebut, diantaranya adalah gunting, garis, dan lem.
4) Gunting dan tempelkan bahan kliping. Langkah selanjutnya adalah menggunting gambar-gambar yang sudah dikumpulkan sebelumnya, lalu menempelkannya di media kertas seperti HVS serta  mencantumkan informasi di kertas HVS tersebut.
5) Hias kliping sesuai kreasi. Setelah semua bahan sudah tertempel di media kertas HVS, langkah terakhir adalah tinggal kita berinovasi menghias kliping sebaik mungkin. Kita bisa menghias dengan menggambar menggunakan spidol berwarna, menempelkan pernak-pernik, dan yang lainnya.
Sekian dulu ya penjelasan dari kami seputar apa itu kliping, tujuannya, manfaatnya dan tahap-tahapnya dalam membuat kliping. Semoga bermanfaat dan mungkin teman-teman bisa menjadikannya referensi untuk membuat kliping. Salam hangat dari kami dan sampai jumpa pada kegiatan pembelajaran kami selanjutnya.Atul4A

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kliping yang Simpel, Praktis, Menarik, dan Kaya Ilmu Pengetahuan Karya Kelas 4A"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel