Kelas 2 MATA PELAJARAN Al Islam

Allah tempat berlindung

Allah adalah Dzat yang menciptakan semua yang ada di alam ini.  Allah juga yang mengatur dan menguasainya oleh sebab itu hendaknya kita hanya beriman tunduk dan memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah Semata.

Allah merupakan wujud dari proses pengimanan yang telah kita lakukan.  hanya kepada Allah aku memohon dan hanya kepada Allah aku meminta.

قل اعوذ برب الفلق

Artinya:  katakanlah aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai waktu subuh.

 

قل اعوذ برب الناس 

 

Artinya : Katakanlah aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai manusia..

 

Sebagai orang yang beriman tentunya kita akan meminta perlindungan kepada Allah. Sebagai orang beriman pula, kita tidak akan meminta perlindungan kepada selain Allah misalkan kepada dukun kepada paranormal dan lain-lain. Meminta perlindungan kepada selain Allah, contohnya pergi ke dukun ke Paranormal dan meminta jimat keselamatan seperti yang dilakukan orang awam dan bodoh pada umumnya.

Setiap hari kita selalu membaca ayat iyyaka na’budu waa iyyaka nasta’iin.  maksud adalah hanya engkau ya Allah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah Kami memohon perlindungan.

Berarti Allah adalah Dzat yang pantas dan layak untuk disembah,  ditaati dan tempat yang baik untuk Meminta perlindungan dan pertolongan.

 memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah dari hal-hal yang tidak baik disebut dengan isti’adzah.

Adapun tata cara untuk istiadzah, sebagai berikut:

·         Memperkokoh aqidah atau keimanan kepada Allah

·         Selalu melaksanakan perintah perintah Allah dan menjauhi larangannya

·         Rajin membaca al-quran berdzikir dan berdoa

·         Selalu berakhlak mulia

·         Menutup aurat setiap keluar rumah

 Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad mengajarkan bahwa barang siapa singgah atau melewati suatu tempat yang sepi seram dan menakutkan kemudian membaca doa yang Artinya aku berlindung dengan kalam Allah yang Maha Sempurna dari kejahatan segala makhluk yang dia ciptakan.

Maka tidak akan ada sesuatu apapun yang akan membahayakannya sampai dia beranjak dari tempat itu.

Dari penjelasan di atas dapat kita ambil pelajaran yaitu:

·         Allah adalah pencipta alam semesta dan semua isinya Allah juga yang mengatur mengawasi dan menjaga keberadaan alam ini.

·         Allah adalah tempat yang bergantung bagi manusia-manusia hanya boleh dan wajib memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah.

·         Diantara cara untuk memohon bantuan dan perlindungan Allah adalah dengan melaksanakan semua yang Allah perintahkan seperti salat lima waktu  doa membaca Alquran dan lain sebagainya memohon Bantuan dan pertolongan kepada selain Allah seperti kepada dukun Paranormal kuburan yang dikeramatkan atau memakai jimat keselamatan termasuk perbuatan Syirik yang dapat merusak iman dan amal ibadah kita.

Maka sebagai seorang muslim kita wajib untuk taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala karena dengan taat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala maka Allah akan memudahkan langkah kita dalam belajar untuk mencapai  keberkahan  dalam mencapai kehidupan.

Guru Al Islam    : Marera Tegar Pratama, S.PdI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kelas 2 MATA PELAJARAN Al Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel