JADWAL PTS (PENILAIAN TENGAH SEMESTER) GANJIL SD MUHAMMADIYAH 03 TUMPANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021



Apa saja yang harus disiapkan menjelang Penilaian Tengah Semester (PTS)
1. Membuat Jadwal Belajar
Setiap musim PTS akan tiba, pihak sekolah pasti akan memberitahukan beberapa pekan sebelumnya. Persiapan belajar untuk menghadapi PTS bisa dilakukan dengan membuat jadwal belajar. Bisa dengan membuat timeline belajar di kertas ataupun di aplikasi Android/smartphone.

Setelah menetapkan hari, aturlah kapan waktunya. Satu mata pelajaran bisa di pelajari selama satu sampai dua jam. Misalnya, mengatur waktu belajar mulai dari jam 5 sore. Pada jam 5 sore merupakan waktu yang tepat untuk memulai belajar, setelah istirahat sebentar dari pulang sekolah. Pemilihan waktu belajar ini penting. Maka dari itu jangan sampai belajar saat sudah larut malam. Kalau terlalu malam yang ada malah begadang dan besoknya sulit bangun tidur atau malah mengantuk di sekolah.

2. Hindari Menggunakan Sistem Kebut Semalam
Sistem kebut semalam dimana besoknya ada ulangan, malam harinya baru belajar itu sangat merugikan. Kita akan terburu-buru untuk memahami materi ujian dan bisa mengakibatkan banyak materi ujian yang terlewatkan atau materi ujian yang masih belum paham. Sistem kebut semalam ini juga membuat seseorang mengantuk dan sulit berkonsentrasi saat ujian esoknya. Kenapa? Karena menghabiskan waktu semalaman belajar untuk memahami semua materi ujian sehingga akibatnya akan kurang istirahat.

3. Mengurangi Aktivitas yang Tidak Begitu Penting
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat PTS, maka kamu harus fokus belajar. Cara efektif agar seseorang fokus belajar yaitu dengan mengurangi aktivitas yang tidak begitu penting, seperti bermain bersama teman-teman, bermain game online atau yang lainnya. Anggaplah hal ini sebagai bagian dari latihan untuk menentukan skala prioritas dalam hidup.

4. Menetapkan Komitmen
Apa itu komitmen? Komitmen adalah janji kamu dengan dirimu sendiri. Janji itu tidak boleh dilanggar. Jika melanggar, tentu saja target tidak akan tercapai. Kita bisa memberikan konsekuensi untuk diri sendiri jika melanggar. Sebaliknya, jika sudah menjalankan komitmen, maka kita bisa mendapatkan penghargaan untuk diri kita sendiri. Tentukan komitmen agar dapat mencapai target dengan proses yang baik.

5. Belajar Bersama Ayah Bunda
Belajar juga bisa ditemani dengan anggota keluarga. Orangtua atau kakak bisa membantu dalam memahami materi ujian. Belajar bersama keluarga ini bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga.

6. Perbanyak Latihan Soal untuk Persiapan PTS
Untuk mengukur seberapa paham dengan materi ujian adalah dengan mengerjakan latihan soal. Latihan soal juga jadi penting sekali untuk persiapan PTS karena soal PTS dibuat oleh guru masing-masing. Jadi, tiap guru pasti punya kreativitasnya masing-masing dalam membuat soal. Semakin banyak kita latihan soal, kita akan terekspos dengan banyak variasi soal, sehingga lebih siap menghadapi bentuk soal yang mungkin muncul.

7. Berdoa
Selain belajar dengan tekun dan rajin, salah satu hal yang paling penting untuk kita lakukan ketika menghadapi ujian adalah berdoa kepada Allah. Dengan berdoa maka semua urusan kita bisa lebih mudah untuk dilalui. Ketika menghadapi ujian, tetap semangat untuk terus belajar serta berdoa agar diberi pikiran yang terang sehingga mudah untuk menjawab semua soal-soal ujian sehingga bisa memperoleh nilai yang diharapkan dengan mendapat ridha Allah.

Adapun Jadwal Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Gasal SD Muhammadiyah o3 Tumpang Tahun Pelajaran 2020/2021 sebagai berikut :
Jadwal PTS 1 Tahun Pelajaran 2020 2021

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "JADWAL PTS (PENILAIAN TENGAH SEMESTER) GANJIL SD MUHAMMADIYAH 03 TUMPANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel