Menulis Cerita dengan Huruf Capital


                                                      Menulis Cerita dengan Huruf Capital

          Assalamualaikum sahabat?? Apa  kabar hari ini?tentunya masih semangat pagiii ya?
       Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk bertegur sapa pada kesempatan kali ini. Pada kesempatan kali ini kelas 2B akan membagikan pengalaman belajar saat membuat dan menyampaikan cerita tentang merawat tumbuhan. Seperti yang kita tahu,Bererita merupakan kebutuhan universal manusia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Bagi anak-anak, bercerita tidak sekedar memberi manfaat emotif tetapi juga membantu pertumbuhan mereka dalam berbagai aspek.. salah satu manfaat bercerita adalah Menyalurkan kebutuhan imajinasi dan fantasi. Anak-anak memerlukan media untuk menyalurkan imajinasi dan fantasi tentang berbagai hal yang selalu muncul dalam pikirannya. Masa usia sekolah merupakan masa-masa aktif anak berimajinasi.
Oke, mari kita langsung pembelajaran!!
KBM Kelas 2B

Untuk memudahkan bercerita ,sebelunya anak –anak membawa tanaman  dari rumah dan sudah mengetahui nama tumbuhan,manfaat dan bagaimana cara merawat tumbuhan tersebut.setelah anak-anak mengetahui informasi tentang merawat tumbuhan anak-anak akan memulai membuat cerita.dengan menggunakan huruf capital yang tepat,oh iya….teman –teman masih ingat pengertian huruf capital???Huruf kapital disebut juga huruf besar. Huruf kapital adalah huruf yang berukuran lebih besar dari huruf biasa.
Adapun aturan-aturan dalam pemakaian huruf capital adalah sebagai beriku
 Huruf kapital atau huruf besar dipakai untuk huruf pertama pada awal kalimat.

  • Huruf kapital dipakai untuk huruf pertama petikan langsung pada kalimat langsung.
  • Huruf kapital dipakai untuk huruf pertama tentang hal-hal yang berhubungan dengan nama Tuhan dan kitab suci.
  • Huruf kapital dipakai untuk huruf pertama nama untuk gelar kehormatan, keturunan, dari bangsawan atau orang yang punya status sosial tinggi, dan keagamaan yang diikuti nama orang.
  •  Huruf kapital dipakai untuk huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi atau perusahaan, atau nama tempat.
  • Huruf kapital untuk huruf pertama nama bangsa, suku, negara, tarian dan bahasa, serta yang lainnya.
  • Huruf kapital biasanya juga dipakai untuk huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan peristiwa sejarah lho.
  • Huruf kapital dipakai untuk huruf pertama nama geografi.
  • Huruf kapital dipakai untuk huruf pertama semua unsur nama negara yang meliputi  lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi.
  • Huruf kapital dipakai untuk huruf pertama setiap unsur bentuk ulang sempurna yang ada pada nama badan, lembaga pemerintah dan ketatanegaraan, serta dokumen resmi.
  • Huruf kapital dipakai untuk huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan kata sapaan. Contohnya : “Assalamualaikum, Bu/Pak.”
  • Huruf kapital dipakai untuk huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan keluarga yang mencakup seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan.
Ternyata banyak aturan yang digunakan untuk membuat cerita dengan menggunakan huruf capital yang tepat ya sahabat??? Setelah mengetahui pengertian dan aturan dalam penulisan huruf capital diharapkan kita bisa membuat cerita dengan penulisan yang tepat. Setelah membuat cerita dengan menggunakan huruf capital yang tepat anak kelas 2b akan menyampaikan hasil pembuatan ceritanya di depan kelas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih keberanian dan memupuk kepercayaan diri. Kalau anak sudah percaya diri maka akan mudah guru dalam berpraktik pembelajaran yang lain. Anak-anak yang percaya diri adalah anak-anak yang semangat dalam belajar. Semua sangat diperlukan untuk proses pembelajaran agar lebih optimal.
Sekian pembelajaran kali ini ya,semoga bermanfaat Dan tetap semangat! .#mia2b

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Menulis Cerita dengan Huruf Capital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel