Days, Months, Seasons, and Weathers.


Days, Months, Seasons, and Weathers.

Assalamulaikum Friends? How are you today? Hari ini kita akan belajar bahasa Inggris mengenai Days, Months, Seasons, dan weathers? Apa sih itu? Betul kita kan belajar mengenai hari, bulan, musim, dan cuaca dalam bahasa Inggris. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu tidak lepas dari yang namanya penanggalan. Adanya penanggalan, memudahkan kita untuk memperkirakan waktu atau kronologi kejadian peristiwa, termasuk untuk membuat perencanaan. Adapun penanggalan yg digunakan secara universal yaitu penanggalan Masehi. Dalam penanggalan atau kalender atau kalender Masehi, dalam 1 tahun terdiri dari 12 bulan, dan tiap bulannya terdapat sekitar 28 hingga 31 hari. Sehingga, setidaknya dalam 1 tahun terdiri dari 365 hari.
Kelas 4A

Dan penanggalan tersebut tentu berkaitan dengan nama-nama hari, bulan, musim, dan cuaca. Nama-nama hari, bulann, musim, dan cuaca dalam bahasa Inggris merupakan salah satu kosakata bahasa Inggris dasar yang akan membantu kita belajar percakapan. Kita akan mempelajari  mengenai musim dan hal-hal yang terkait di dalamnya. Kosakata tersebut adalah kosakata yang cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mengenal musim yang terjadi dalam setahun juga akan membantu kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang waktu.
Untuk menguasai nama-nama hari, bulan, musim, dan cuaca tersebut dalam bahasa Inggris, cara terbaik adalah dengan mengenal karakteristik dan periode waktu tiap-tiap musim. Nah di Indonesia ini termasuk negara tropis nih teman-teman. Tidak seperti negara yang ada di Eropa dan Amerika. Indonesia negara tropis yang hanya memiliki 2 musim yakni musim kemarau (dry season) dan musim hujan (rainy season). Beberapa negara di belahan bumi lain seperti negara di Eropa memiliki 4 musim. Hayo apa saja? Yes, betul. 4 musim tersebut adalah musim panas (summer), musim dingin (winter), musim gugur (autumn/fall), dan musim semi (spring).
Penggunaan media pembelajaran berupa gambar dan stiker kosakata (vocabulary) nama-nama hari dan bulan (days & months), serta menempelkan kosakata pada gambar musim dan cuaca (season & weather) ini, diharapkan siswa dapat menyusun nama-nama hari dan bulan.  Menggunakan media belajar dengan cara menempelkan kosakata pada gambar musim dan cuaca denganbenar dengan cara yang menyenangkan, sehingga siswa dapat dengan memahami dan mempraktikkan kosakata yg berkaitan dengan materi bahasa Iinggris yang dipelajari.
Media pembelajaran yang bergambar membantu siswa untuk mudah dalam mengingat dan membayangkan bagaimana keadaan musim dan cuaca (season & weather). Musim dingin (winter) yang disebut dengan winter adalah musim yang penuh salju biasanya ada di bulan Desember belahan dunia Eropa atau Amerika mengalami salju putih yang tebal. Jadi, harus menyiapkan jaket yang tebal ya kalau mau ke Eropa. Musim panas (summer) merupakan musim di mana cuaca sangatlah panas tentunya. Musim panas dimulai pada tanggal 21 Juni hingga 23 Sepetember untuk bagian bumi sebelah utara. Lain halnya dengan belahan selatan di mana musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret. Biasanya pada saat musim panas adalah musimnya liburan sekolah. Selain itu, pada musim panas, pertumuhan buah-buahan dan sayuran tumbuh dengan maksimal.
Musim ketiga adalah musim semi (spring) , musim semi merupakan peralihan dari musim dingin ke musim panas. Musim semi biasanya dimulai dari akhir bulan 21 Maret hingga 21 Juni untuk bumi bagian utara. Sedangkan di belahan bumi bagian selatan, musim semi dimulai sekitar tanggal 23 September hingga 21 Desember. Musim semi ditandai dengan mekarnya bunga, tumbuh-tumbuhan mekar, musim semi disebut juga dengan "musim bunga". Pada musim semi siang hari menjadi lebih panjang dan lama daripada malam hari. Musim terakhir adalah musim gugur (autumn/fall). Musim gugur merupakan musim panen dimana dan pohon-pohon menjatuhkan daun-daunnya (sehingga disebut sebagai musim gugur atau rontok). 
Nah itulah beberapa musim yang ada di dunia. Sayangnya di Indonesia hanya memiliki dua musim. Tapi tidak masalah, dengan 2 musim membuat Indonesia tanahnya subur. #dinik


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Days, Months, Seasons, and Weathers."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel