KELAS 4 LATIHAN SOAL TEMA 1

 


Assalamualaikum Anak-anak kelas 4 yang sholih dan sholihah hari ini kita akan mengerjakan latihan soal tema 1 untuk persiapan kalian menjelang PTS. kerjakan latihan soal di bawah ini tulislah  jawaban di buku tulis kalian masing- masing, 

A.     Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !

1.          Ide yang disampaikan oleh penulis menjadi suatu pokok pembahasan dalam sebuah paragraf disebut . . . .

A.    Gagasan Pendukung    C. Gagasan Pokok

B.     Kalimat Penjelas          D.  Kalimat Pendukung

2.          Gagasan pendukung adalah . . .

A.    Ide utama yang dibahas dalam paragraf

B.     Tambahan informasi untuk gagasan pendukung

C.     Tambahan informasi untuk gagasan pokok

D.    Kalimat pokok

3.          Pahami paragraf berikut!

     Tiap-tiap daerah mempunyai tarian daerah. Tarian mencerminkan ciri khas daerah tersebut. Tarian daerah dipentaskan pada waktu upacara adat dan menyambut tamu kehormatan. Selain itu, untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.  

Gagasan utama dari paragraf di atas adalah . . . .

A.    Tarian untuk menyambut tamu kehormatan

B.     Menarik para wisatawan domestik

C.     Ciri khas tarian daerah

D.    Tiap daerah mempunyai tarian daerah

4.          Pagi ini, siswa kelas IV terlihat bersemangat membersihkan kelas.

Salah satu kalimat pendukung yang tepat untuk gagasan utama tersebut adalah . . . .  A. Siswa perempuan menyapu lantai

B.     Siswa laki-laki bermain bola

C.     Semua siswa menghitung perkalian

D.    Semua siswa membuat puisi

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5!     

Tarian Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa. Tarian ini dibawakan oleh para penari wanita dengan berbusana adat dan menari dengan gerakannya yang khas serta memainkan kipas sebagai atribut menarinya

5.          Gagasan pokok pada teks di atas adalah . . 

A.    Para penari wanita dengan berbusana adat dan menari dengan gerakannya yang khas. 

B.     Para petani wanita dengan berbusana adat dan menari dengan gerakannya yang khas.

C.     Tarian yang sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa. 

D.    Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan.

6.          Kalimat yang berfungsi sebagai pendukung atau penguat gagasan pokok yang terdapat di kalimat utama disebut…

A.    Gagasan pokok            C.  Ide pokok

B.     Gagasan pendukung    D.  Kalimat utama

7.          Unsur yang terdapat pada suatu paragraf, kecuali . . . .

A.    Kalimat Utama            C.  Topik

B.     Kalimat Pendukung     D.  Daftar Isi

8.          Jenis paragraf berdasarkan letak gagasan pokoknya, kecuali . . . .

A.    Paragraf Induktif         C.  Paragraf Deduktif

B.     Paragraf Konduktif      D.  Paragraf Campuran

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10!     

Suku minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

       Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landau seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya bebentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

9.          Jumlah paragraf pada teks di atas adalah . . . . .

A.    1           C.  3

B.     2           D.  4

10.      Kalimat utama dari paragraf pertama adalah . . ..

A.    Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat.

B.     Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang.

C.     Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang.

D.    Karena atapnya bebentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

11.      Contoh kerja sama di lingkungan tempat tinggalmu adalah  . . . .

A.    Membangun tempat ibadah dan ronda malam

B.     Membangun tempat ibadah dan membersihkan kelas

C.     Membersihkan kelas dan kerja kelompok

D.    Ronda malam dan membersihkan kelas

12.      Berikut yang tidak termasuk arti penting dalam menjaga persatuan adalah . . . .

A.    Lebih mementingkan kepentingan suku

B.     Pembangunan lebih lancar

C.     Tercipta kehidupan yang rukun dan nyaman

D.    Terhindar dari perselisihan 

13.      Dengan sikap persatuan dan kesatuan, pekerjaan berat menjadi . . . .

A.    Lama    C.  Ringan

B.     Susah   D.  Rumit

14.      Sikap kita terhadap keberagaman budaya daerah adalah . . . .

A.    Tidak peduli dengan kebudayaan daerah lain.

B.     Tidak peduli terhadap kebudayaan daerah sendiri.

C.     Menghormati kebudayaan daerah lain.

D.    Hanya mau mempelajari kebudayaan daerah sendiri.

15.      Usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama disebut . . . .

A.    Toleransi          C.  Kerjasama

B.     Tanggung jawab          D.  Piket kelas

16.      Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat memupuk kerjasama, kecuali  . . . .

A.    Peran dan tanggung jawab yang jelas.

B.     Ingin berbagi ide dan pikiran.

C.     Berburuk sangka kepada orang lain.

D.    Keinginan untuk mencapai tujuan.

17.      Salah satu contoh bentuk kerjasama di lingkungan masyarakat adalah . . . . 

A.    Membersihkan kelas

B.     Kerja kelompok mengerjakan tugas sekolah

C.     Memelihara tanaman di halaman kelas

D.    Membersihkan balai Desa 

18.      Manfaat kerjasama yaitu . . . . 

A.    Memperlambat pekerjaan                   

B.     Mempererat tali silaturahmi

C.     Menambah beban pekerjaan

D.    Menghilangkan rasa persatuan

19.      Berikut contoh sikap yang baik saat musyawarah, adalah . . . .

A.    Menolak hasil musyawarah yang bertentangan dengan pendapat.

B.     Menyuruh semua peserta musyawarah menerima pendapat kita.

C.     Menghargai pendapat peserta musyawarah.

D.    Tidak perlu memberikan pendapat.

20.      Cara mensyukuri keberagaman, yaitu . . . .

A.    Bersikap ramah kepada teman yang seagama.

B.     Bersikap ramah walaupun berbeda agama.

C.     Menunjukkan bahwa budaya daerah kita yang paling baik.

D.    Ikut beribadah dengan teman yang berbeda agama.

 

💓 SELAMAT MENGERJAKAN 💓


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "KELAS 4 LATIHAN SOAL TEMA 1"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel