KELAS 5 BAHASA INDONESIA TEMA 3 SUB TEMA 3 ISI IKLAN MEDIA ELEKTRONIK
Assalamu'alaikum anak-anak sholih dan sholiha, bagaimana kabar kalian hari ini? Sudah siap untuk belajar? Baiklah pertemuan yang lalu kita sudah belajar tentang iklan, nah sekarang kita akan mempelajari isi iklan media elektronik
Pengertian Iklan Media Elektronik
Perlu diketahui bahwa iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Berdasarkan media yang digunakan, iklan terbagi menjadi dua jenis, yakni iklan media cetak dan iklan elektronik.
Yang dimaksud klan media cetak adalah iklan yang dipromosikan melalui media cetak. Contohnya seperti iklan yang ditemukan di koran, poster, spanduk, baliho, reklame, selebaran, dan lain sebagainya.
Sedangkan pengertian iklan media elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh iklan elektronik yang sering dijumpai adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.
Ciri – Ciri Iklan Elektronik
Iklan elektronik memiliki karaktersitik yang membedakan dengan jenis iklan lainnya. Diantara ciri-ciri iklan elektronik antara lain:
- Menggunakan efek suara, baik itu berupa tuturan, musik, maupun bunyi-bunyi.
- Mengandung unsur suara, gambar, dan gerak.
- Menggunakan kata-kata persuasif dan informatif.
- Menggunakan kata-kata sugesti bagi khalayak.
- Pilihan kata yang digunakan menarik, logis, dan tepat sasaran.
- Biasanya disampaikan dalam bentuk cerita pendek. Menurut jenisnya, iklan terbagi atas beberapa macam, yaitu :
- 1. Iklan layanan masyarakat, misalnya imbauan menjaga kelestarian hutan.
- 2. Iklan niaga, misalnya penawaran produk obat. serta
- 2.menghimbau atau mencegah hal sesuatu buruk yang akan terjadi oleh masyarakat
3.mengajak para masyarakat untuk berbuat baik - Contoh Iklan Layanan masyarakat
Storyboard atau sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah pada iklan merupakan salah satu elemen penting yang diperlukan untuk pembuatan sebuah iklan. Storyboard menyajikan bukan hanya informasi penting yang akan disampaikan dalam sebuah iklan, melainkan urutan adegan yang harus dimunculkan dalam iklan, termasuk gerakan yang harus dilakukan oleh setiap pelakon dalam iklan.
Storyboard pada umumnya digunakan untuk menyajikan iklan dalam bentuk video seperti yang lazimnya tampil di media televisi maupun situs-situs berbasis video seperti YouTube dan lain sebagainya. Dengan adanya storyboard, proses perekaman iklan dapat berlangsung dengan efektif dan dapat meminimalkan terjadinya pengambilan gambar ulang akibat ketidaksepahaman terkait alur konten yang ingin disampaikan.
Mendemontrasikan Iklan
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mendemontrasikan iklan antara lain :
1. Melakukan kontak mata dengan penonton.
2. Tidak penutupi pandangan mata penonton
3. Menggunakan suara yang lantang, intonasi yang jelas, serta ekspresi yang tepat dan sesuai.
4. Menggunakan bahasa tubuh yang baik dan penuh percaya diri.
Peta Pikiran Iklan Layanan Masyarakat
Sebelum membuat iklan layanan masyarakat tentu harus menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Kita bisa menuliskan peta pikiran yang berisi hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membuat iklan layanan masyarakat.
Contoh peta pikiran
Itulah anak-anak materi kita kali ini semoga bermanfaat.
Tugas : Mengerjakan LKS halaman 58, 60, dan 66
Selamat mengerjakan
Awali dan akhiri dengan berdo'a
Sholat lima waktu
Wassalamu'alaikum
Guru Mapel : Dra. Elis Ratnawati
Belum ada Komentar untuk "KELAS 5 BAHASA INDONESIA TEMA 3 SUB TEMA 3 ISI IKLAN MEDIA ELEKTRONIK"
Posting Komentar