KELAS 5 BAHASA INDONESIA TEMA 3 SUB TEMA 2 BAHASA IKLAN MEDIA ELEKTRONIK

Assalamu'alaikum anak sholih dan sholiha bagaimana kabar kalian hari ini?  Syukurlah kalian semua sehat ya. Pada pelajaran sebelumnya kita sudah belajar Kata Kunci dalam Iklan. Nah kali ini mari kita belajar tentang Bahasa Iklan Media Elektronik. Yuk simak materi berikut ini!

Bahasa Iklan Media Elektronik

Iklan merupakan informasi suatu barang atau jasa bertujuan untuk memberitahu kepada masyarakat umum. Pemberitahuan ini dilakukan agar masyarakat tertarik untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan.

Iklan sendiri dapat sampaikan dengan berbagai media seperti media cetak, audio dan elektronik. Semakin berkembangnya zaman, membuat teknologi semakin maju, sehingga sekarang ini media pengiklanan semakin canggih dan modern.

Nah, sekarang ini iklan yang paling banyak digunakan oleh para pengusaha yaitu iklan elektronik. Iklan elektronik ini terbilang iklan yang paling efektif untuk mempromosikan produk dan jasa. Melalui iklan ini kreativitas penyampaikan akan lebih maksimal.

Ciri Ciri Bahasa Iklan Elektronik Beserta Pengertian, Tujuan dan Jenisnya

Pengertian Iklan Elektronik

Iklan elektronik merupakan iklan yang diaplikasikan menggunakan media elektronik seperti radio, televisi dan internet. Iklan elektronik dibagi menjadi 3 jenis yaitu iklan radio, iklan televisi dan iklan internet. Iklan elektronik harus dibuat semenarik mungkin. Salah satu unsur yang dapat menarik pelanggan yaitu bahasa kalimat iklan.

Tujuan Iklan Elektronik

Sedangkan, untuk tujuan adanya iklan elektronik yaitu sebagai media untuk menginformasikan kepada masyarakat umum mengenai suatu barang atau jasa agar mereka tertarik untuk membeli dan menggunakannya.

Ciri Ciri Bahasa Iklan Elektronik

Dalam mengaplikasi iklan media elektronik, penyusunan kalimat harus sesuai kaidah bahasa iklan yang baik dan benar. Dengan demikian, maka iklan akan lebih tertata dan juga bahasa akan lebih mudah dipahami. Nah, ciri ciri bahasa iklan elektronik ini berbeda dengan Ciri-ciri Fiksi, meskipun sama-sama mengandung opini atau pendapat. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut.

  1. Menggunakan bahasa yang padat, jelas, singkat dan menarik.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya tarik.
  3. Menggunakan kata berkonotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, dan singkat.
  5. Jelas dan mudah dipahami
  6. Tidak menyingung pihak lainnya.
  7. Menarik perhatian banyak orang atau konsumen.

Jenis Media Iklan Elektronik

Pengiklanan melalui media elektronik merupakan cara yang paling menarik dan  berkesan bagi...

Iklan elektronik terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis iklannya sendiri disebut sesuai media iklan itu sendiri. Adapun jenis media iklan elektronik yaitu sebagai berikut.

1. Iklan Radio

Radio adalah media elektronik yang menggunakan pendengaran untuk menyapa masyarakat. Hal inilah yang membut iklan di radio hanya bisa menggunakan audio dan suara. Kelebihan iklan radio yaitu biaya produksi murah, bisa diterima siapapun dan menjangkau daerah yang luas. Sedangkan, kelemahan iklan radio yaitu waktunya yang terbatas serta tidak dapat menampilkan gambar visual.

2. Iklan Televisi

Iklan televisi menjadi iklan yang menarik, pasalnya televisi menampilkan visualisasi seperti suara, gambar dan gerak. Hal inilah yang membuat iklan di TV dapat dilihat dan di dengarkan, sehingga mudah untuk di pahami dan juga lebih menarik. Kelebihan iklan televisi yaitu menjangkau ke wilayah yang sangat luas. Sementara untuk kelemahannya sendiri yaitu biaya produksinya lebih mahal dibandingkan iklan radio.

3. Iklan Internet

Untuk yang selanjutnya yaitu iklan internet. Iklan internet atau iklan online merupaka iklan yang memanfaatkan media internet atau media sosial untuk menginformasikan kepada masyarakat. Iklan yang satu ini bisa ditampilkan di media sosial, website, blog, maupun video streaming. Bentuk iklan internet sendiri berupa video atau banner animasi.

Contoh Kalimat Iklan Media Elektronik Sesuai Ciri Ciri Kebahasaan

Nah, dari informasi di atas, kamu telah mengetahui ciri ciri bahasa iklan elektronik, sekarang coba perhatikan contoh kalimat iklan-iklan elektronik di bawah ini. Adapun contoh kalimat iklan media elektronik yang memenuhi ciri ciri kebahasan yaitu sebagai berikut :

  • Dijual dengan harga murah berkualitas premium, televisi dengan standard internasional
  • HP Android kualitas tinggi dengan harga yang rendah.

Dengan menggunakan bahasa iklan yang benar, maka iklan yang akan ditayangkan menjadi lebih menarik. Sehingga daya tarik produk yang di iklankan akan lebih diminati oleh banyak konsumen.

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Media Elektronik

Iklan Media Cetak:

  • Iklannya bersifat nyata dan tertulis
  • Bisa disimpan dan dibaca kapan saja
  • Dapat ditangkap hanya melalui indra pengelihatan
  • Ditulis menggunakan bahasa formal
  • Menggunakan kata-kata yang singkat
  • Disajikan dalam bentuk tulisan dan gambar diam
  • Disebarkan melalui media cetak

Iklan Media Elektronik:

  • Iklannya bersifat maya dan tidak tertulis
  • Iklan ditampilkan secara langsung pada saat itu saja
  • Dapat ditangkap melalui indra pengelihatan dan pendengaran
  • Bahasa yang digunakan bisa formal dan non formal
  • Menggunakan kalimat narasi yang cukup panjang
  • Disajikan menggunakan suara dan gambar bergerak
  • Disebarkan melalui media elektronik

Adapun persamaan dari iklan media cetak dan media elektronik, diantaranya yaitu:

  • Memiliki tujuan yang sama, yakni mempromosikan produk/jasa
  • Dibuat menggunakan kata-kata persuasif dan informatif
  • Menggunakan kata-kata sugesti bagi khalayak
  • Menumbuhkan ketertarikan kepada masyarakat

Nah demikian materi kita hari ini tentang Bahasa Iklan Media Elektronik.

Tugas Mengerjakan LKS halaman 35, 39, dan 43

Selamat mengerjakan

Awali dan akhiri dengan do'a

Sholat lima waktu, sholat dhuha, dan murojaah

Selalu bersyukur

Wassalamu'alaikum

Guru Mapel  :  Dra. Elis RAtnawati

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk " KELAS 5 BAHASA INDONESIA TEMA 3 SUB TEMA 2 BAHASA IKLAN MEDIA ELEKTRONIK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel