KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 3 (PERUBAHAN WUJUD BENDA)
Assalamualaikum anak-anak .. Bagaimana kabarnya? Semoga sehat yaa..
Hari ini kita akan mulai belajar TEMA 3 SUBTEMA 3. Ibu berharap kalian belajar dengan penuh semangat yaa! Kalian bisa bertanya pada orang tua atau keluarga di rumah jika ada hal yang kurang di pahami atau juga bisa bertanya pada Bu Guru dengan mengirimkan pesan atau videocall. jangan lupa selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar yaa.!
MATERI TEMA 3 SUBTEMA 3 PERUBAHAN WUJUD BENDA
MATERI B. INDONESIA
Menemukan Informasi tentang
Wujud Benda
Menuliskan Informasi tentang
Perubahan Wujud Benda dari Teks
yang Didengar
Kita dapat memperoleh
informasi dengan cara
menyimak pembacaan teks
oleh orang lain. Setelah itu, kita dapat
mencatat hal-hal
penting. Gunakan kata-kata
baku dan susunan
kalimat yang benar
dalam menuliskan
kembali informasi yang
didengar.
Menemukan Informasi dari Teks
tentang Perubahan Wujud Benda
Informasi tentang
perubahan wujud benda
dapat diperoleh dengan
mengajukan pertanyaan. Kita dapat membuat kalimat
tanya dengan kata tanya
sesuai kebutuhan kita. Jawaban pertanyaan-pertanyaan ditulis dengan
susunan kalimat yang
benar
Menemukan Kata-Kata Baku dari
Teks tentang Perubahan Wujud
Benda
Teks tentang perubahan
wujud benda tersusun atas
kalimat-kalimat yang
benar. Kalimat tersebut tersusun
atas kata-kata baku. Kata-kata baku
merupakan kata-kata
yang ejaannya benar. Untuk mengetahui arti
kata-kata baku dapat
menggunakan Kamus
Besar Bahasa Indonesia.
Menyusun Informasi Penting dari
Teks tentang Perubahan Wujud
Benda
Informasi dapat ditemukan
dalam sebuah teks. Untuk menemukan
informasi penting dari teks,
kita harus membaca teks
dengan saksama. Setelah itu, kita dapat
menuliskan informasi
penting dari teks tersebut.
Langkah-Langkah Menyusun
Pendapat dari Teks tentang
Perubahan Wujud Benda
Kita dapat menanggapi sebuah teks
dengan menuliskan pendapat kita
mengenai teks tersebut. Untuk menanggapi teks, kita perlu
membaca atau menyimak teks
tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, kita menuliskan
pendapat kita berdasarkan teks
yang telah disimak.
MATERI PPKN
Peran di Sekolah
• Ada berbagai peran
yang dapat kita temui
di sekolah, seperti
kepala sekolah, guru,
siswa, penjaga
sekolah, petugas
kebersihan, dan
pustakawan.
• Setiap peran memiliki tugas dan kewajiban
masing-masing.
• Semua peran tersebut sebaiknya dijalankan
dengan baik dan sungguh-sungguh.
Tugas Warga Sekolah
Setiap warga sekolah memiliki peran
masing-masing.
Tugas siswa adalah
belajar dengan baik
dan menaati semua
peraturan sekolah. Tugas seorang guru
adalah mengajar
dan mendidik siswa.
Peran dalam Kelompok
• Saat mengerjakan tugas
berkelompok, setiap anggota
kelompok memiliki peran.
• Pembagian peran harus
dilaksanakan dengan adil.
• Tugas kelompok akan berjalan
lancar jika semua peran
melaksanakan tugas dengan baik.
• Pembagian peran dalam kelompok
juga membuat kegiatan menjadi
lebih cepat selesai.
MATERI SBdP
Seni Rupa
• Seni rupa adalah
hasil ekspresi manusia
yang nyata dan
digunakan sebagai
sarana komunikasi
perasaan antarmanusia.
• Seni rupa memiliki dua
unsur penting, yaitu
garis dan warna. Garis merupakan unsur dasar
yang menimbulkan suatu kesan
simbolis terhadap orang yang
melihatnya.
Belah ketupat merupakan
gabungan dari empat garis.
Warna membuat sebuah karya
seni rupa menjadi lebih indah.
• Perpaduan warna juga membuat
sebuah karya menjadi lebih nyata.
Karya Seni Dekoratif
Gambar dekoratif
adalah sebuah hiasan
yang digambar pada
kertas gambar atau pada
benda tertentu. contohnya:
MATERI MATEMATIKA
Menyelesaikan Permasalahan
Sehari-hari tentang Berat Benda
1. Bacalah soal dengan
saksama terlebih dulu.
2. Gunakan alat ukur
timbangan yang sesuai.
3. Hasil penimbangan berat
benda biasanya
dinyatakan dalam satuan
kilogram (kg), gram (g),
kuintal, atau ton.
Hubungan antarsatuan berat
1 ton = 1.000 kg
1 kuintal = 100 kg
1 ton = 10 kuintal
Kesetaraan Satuan Berat
Ayo, ingat kembali satuan
berat seperti kilogram (kg)
dan gram (g).
Menyelesaikan Masalah
Kesetaraan Satuan Berat
• Saat menyelesaikan soal
kesetaraan satuan berat, kita
perlu memperhatikan satuan
berat yang terdapat pada
soal.
• Jika satuan berat yang
digunakan belum sama, maka
kita perlu menyamakannya
terlebih dulu. Contoh:
1. Lani membutuhkan sirup untuk membuat es buah. Berat satu botol sirup 600 gram. Berapa gram berat dari tiga botol sirup?
Berat 1 botol = 600 gram
Berat 3 botol = 3 x 600 = 1.800 gram
2. Buah yang digunakan untuk membuat es beraneka ragam. Perhatikan berat buah pada timbangan!
a. Berapa gram berat semua buah tersebut?
1kg = 1000 gram
Berat apel 20 kg = 20.000 gram
Berat strowbery 30,3 kg = 30.300 gram
Jadi 20.000 + 30.300 = 50.300 gram
b. Buah manakah yang timbangannya paling berat?
Buah strawbery yang paling berat = 30.300 gram
3. Ibu membeli 5 kg gula pasir. Gula pasir digunakan untuk memasak kue 3 kg. Kemudian gula pasir digunakan untuk membuat es buah 1 kg. Berapa kg sisa gula pasir?
5 kg - 3kg - 1 kg = 1 kg
4. Lani membeli 750 gram jeruk medan. Kemudian, jeruk medan dipakai untuk campuran es buah. Jeruk yang tersisa 530 gram. Berapa gram jeruk medan untuk membuat es buah?
750 gr - 530 gr = 220 gr
5. Untuk campuran es buahnya, Lani membeli 6 kantong leci. Setiap kantong beratnya 250 gram. Berapa gram berat seluruh leci yang dibeli Lani?
6 x 250 gr = 1.500 gr
Berat 1 botol = 600 gram
Berat 3 botol = 3 x 600 = 1.800 gram
2. Buah yang digunakan untuk membuat es beraneka ragam. Perhatikan berat buah pada timbangan!
a. Berapa gram berat semua buah tersebut?
1kg = 1000 gram
Berat apel 20 kg = 20.000 gram
Berat strowbery 30,3 kg = 30.300 gram
Jadi 20.000 + 30.300 = 50.300 gram
b. Buah manakah yang timbangannya paling berat?
Buah strawbery yang paling berat = 30.300 gram
3. Ibu membeli 5 kg gula pasir. Gula pasir digunakan untuk memasak kue 3 kg. Kemudian gula pasir digunakan untuk membuat es buah 1 kg. Berapa kg sisa gula pasir?
5 kg - 3kg - 1 kg = 1 kg
4. Lani membeli 750 gram jeruk medan. Kemudian, jeruk medan dipakai untuk campuran es buah. Jeruk yang tersisa 530 gram. Berapa gram jeruk medan untuk membuat es buah?
750 gr - 530 gr = 220 gr
5. Untuk campuran es buahnya, Lani membeli 6 kantong leci. Setiap kantong beratnya 250 gram. Berapa gram berat seluruh leci yang dibeli Lani?
6 x 250 gr = 1.500 gr
Satuan Waktu dalam
Kehidupan Sehari-hari
• Alat pengukur waktu
adalah jam atau
stopwatch.
Satuan waktu adalah
sekon
(detik), menit,
atau jam. Jam analog dan jam
digital banyak kita
gunakan dalam kehidupan
sehari-hari. Jam digital dapat
menunjukkan waktu hingga
ke satuan detik. Oleh karena itu, jenis jam
ini menunjukkan waktu
lebih akurat dibandingkan
jam analog.
Jam pasir biasanya
digunakan untuk mengukur
lama waktu tertentu, misalnya
jam atau menit.
Stopwatch biasanya
digunakan untuk
mengukur lama waktu
suatu kegiatan
berlangsung.
TUGAS !!!
Kerjakan LKS :
Senin, 27 September 2021
1. Latihan Pembelajaran 1 Halaman 47-49.
2. Latihan Pembelajaran 2 Halaman 49-51.
2. Latihan Pembelajaran 2 Halaman 49-51.
Selasa, 28 September 2021
3. Latihan Pembelajaran 3 Halaman 51-53.
3. Latihan Pembelajaran 3 Halaman 51-53.
Rabu, 29 September 2021
4. Latihan Pembelajaran 4 Halaman 53-55.
Kamis, 30 September 2021
5. Latihan Pembelajaran 5 Halaman 55-57.
Jum'at, 1 September 2021
6. Latihan Pembelajaran 6 Halaman 57-59.
6. Latihan Pembelajaran 6 Halaman 57-59.
Selamat mengerjakan J
Belum ada Komentar untuk "KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 3 (PERUBAHAN WUJUD BENDA)"
Posting Komentar