KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 (WUJUD BENDA)

 Assalamualaikum anak-anak ..  Bagaimana kabarnya? Semoga sehat yaa..

Hari ini kita akan mulai belajar  TEMA 2 SUBTEMA 4.  Ibu berharap kalian belajar  dengan penuh semangat  yaa! Kalian bisa bertanya pada orang tua atau  keluarga di rumah jika ada hal yang kurang di pahami atau juga bisa bertanya pada Bu Guru dengan mengirimkan pesan atau videocall. jangan lupa selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar yaa.! 

Tema 3 : Benda Di Sekitarku

Subtema 2 : Wujud Benda


Materi Bahasa Indonesia KD 3.1 dan 4.1
WUJUD BENDA

Wujud Benda
Setiap benda pasti memiliki wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?

Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang digunakan untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap. Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!
Wujud Benda

Kamu telah mengamati gambar di atas. Kelompokkan benda-benda yang ada dalam gambar sesuai wujudnya. Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel berikut!
Benda PadatBenda CairBenda Gas
  1. Panci
  2. Kompor
  3. Sendok
  1. Air
  2. Minyak Goreng
  3. Cuka
Uap Air

A. Benda Padat
Salah satu wujud benda antara lain padat. Banyak contoh benda padat di sekitarmu. Batu, pensil, dan kursi merupakan benda padat. Mengapa benda-benda tersebut digolongkan sebagai benda padat? Yuk, cari tahu sifat benda padat tersebut! Lakukan pengamatan sebagai berikut!
1. Amatilah benda-benda padat di sekitarmu!
2. Tuliskan sifat benda padat berdasarkan pengamatanmu!

Bentuk benda padat tidak dipengaruhi wadahnya.  Benda padat tidak berubah bentuk jika hanya berpindah tempat. Misalnya saja, kacang goreng yang ada di piring.

Bentuk benda padat dapat diubah. Piring yang jatuh berserakan, kertas sobek, dan kacang tanah yang hancur setelah digerus, adalah contoh dari benda padat yang diubah. Perlakuan tertentu yang dilakukan oleh manusia pada berbagai benda padat itu disebut juga dengan gaya.

Ayo Mencoba
Kamu telah menuliskan pendapatmu berdasarkan pengamatan. Sekarang, lakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda padat.

Mengetahui Sifat Benda Padat
Lakukan secara berkelompok. Kumpulkan benda-benda padat di sekitar sekolahmu.

A. Alat dan Bahan
1. Ember
2. Gelas
3. Kantong plastik

B. Langkah-Langkah Percobaan
  1. Masukkan benda yang kamu kumpulkan ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
  2. Catatlah hasil percobaanmu ke dalam tabel di bawah ini. Lihat contoh nomor 1.
No.Nama BendaBentuknya Berubah Sesuai TempatBentuknya Tetap Walaupun Tempatnya BerubahDapat DigenggamTidak Dapat Digenggam
1.Pensilxx
2.Karet Penghapusxx
3.Kerikilxx
4.Kelerangxx
5.Rautan Pensilxx
Kamu telah melakukan percobaan. Hasil percobaanmu telah diperoleh. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda padat? Benda padat mempunyai sifat
  1. Bentuk benda padat tetap/tidak dipengaruhi wadahnya
  2. Benda padat dapat digenggam karena bentuknya padat

B. Melihat Benda Cair Lebih Dekat
Seperti benda padat, benda cair juga banyak di sekitar kita. Sekitar 70% permukaan bumi tertutup oleh air laut. Tubuh manusia hampir 2/3 bagian merupakan cairan.

Air adalah benda cair yang sering ditemui. Sebutkan benda lainnya yang termasuk benda cair. Pernahkah kamu melihat air dalam gelas tumpah? Bagaimanakah bentuk air tersebut? Apakah bentuk air yang tumpah sama dengan air di dalam gelas?

Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui sifatsifat benda cair.

Mengetahui Sifat Benda Cair
Lakukan secara berkelompok.

A. Alat dan Bahan
  1. Air dan minyak goreng
  2. Ember
  3. Gelas
  4. Kantong plastik

B. Langkah-Langkah Percobaan
  1. Masukkan air ke dalam ember. Kemudian, ke dalam gelas dan terakhir ke dalam kantong plastik.
  2. Lakukan hal yang sama dengan minyak goreng.
  3. Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam tabel di bawah ini!
No.Nama BendaBentuknya Berubah Sesuai TempatBentuknya Tetap Walaupun Tempatnya BerubahDapat DigenggamTidak Dapat Digenggam
1.Airxx
2.Minyak Gorengxx
3.Susuxx
4.Kecapxx
5.Siropxx

Kamu telah melakukan percobaan. Dapatkah kamu menyimpulkan sifat benda cair? Benda cair mempunyai sifat
  1. Bentuk benda cair tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya.
  2. Wujud benda cair sehingga tidak bisa digenggam.

Ayo Bercerita 
Kamu telah melakukan percobaan di atas. Percobaan untuk membuktikan sifat benda cair. Kemudian, ceritakan di depan kelas sifat dan manfaat benda cair dalam kehidupan sehari-hari.
Air merupakan salah satu contoh benda cair. Air umumnya digunakan  untuk minum, kegiatan lain memerlukan air antara lain mandi dan mencuci. Air juga digunakan para petani untuk mengairi sawah mereka. Para petambak juga membutuhkan air.
C. Mengenal Benda Gas Lebih Dekat
Ingatkah kamu wujud benda selain padat dan cair? Benda juga dapat berwujud gas. Benda gas ada di mana-mana. Contohnya udara yang kita hirup. Setiap hari kita menghirup udara. Udara termasuk benda gas. Dapatkah kamu melihat bentuk udara? Bentuk udara tidak dapat dilihat. Udara hanya dapat dirasakan.

Namun, ada benda gas yang dapat dilihat. Contohnya adalah awan dan asap. Untuk mengetahui hal ini, lakukan percobaan berikut!

Percobaan 1.
Mengetahui Sifat Benda Gas
Lakukan secara berkelompok.

A. Alat dan Bahan
1. Kantong plastik bening
2. Balon

B. Langkah-Langkah Percobaan
  1. Tiuplah balon sampai mengembang. Ikatlah mulut balon dengan karet.
  2. Tiuplah kantong plastik sampai mengembang. Ikatlah mulut plastik dengan karet.
  3. Amatilah bentuk balon dan kantong plastik tersebut. Bagaimanakah bentuk balon dan kantong plastik tersebut?
No.Nama BendaBentuknya Berubah Sesuai TempatBentuknya Tetap Walaupun Tempatnya BerubahDapat DigenggamTidak Dapat Digenggam
1.Kantong Plastikxx
2.Balonxx

Dari hasil percobaanmu, simpulkan sifat benda gas! Benda gas mempunyai sifat :
Benda gas bentuknya berubah sesuai tempatnya

Percobaan 2.
Lakukan secara berkelompok.

A. Alat dan Bahan
1. Benang secukupnya
2. Balon 2 Buah
3. Sebatang lidi atau kayu tipis

B. Langkah-Langkah Percobaan
  1. Tiupkan udara ke dalam dua buah balon.
  2. Tiupkan sampai kedua balon sama besar.
  3. Ikat setiap balon dengan benang. Sisakan benang dengan panjang secukupnya.
  4. Pada setiap ujung lidi atau kayu gantungkan satu buah balon yang telah terisi udara. Usahakan posisi lidi atau kayu tetap mendatar.
  5. Perlahan-lahan, tusuklah sebuah balon yang berisi udara. Perhatikan udara yang keluar dari tempat yang ditusuk.
  6. Letakkan tanganmu di dekat tempat keluarnya udara. Apakah yang terjadi?
Benda Gas
Apakah yang terjadi setelah satu balon ditusuk? Tuliskan jawabanmu!
Balon yang ditusuk akan mengempis.

Simpulkanlah sifat benda gas. Benda gas mempunyai sifat
Benda Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah
Benda gas sangat berlimpah di sekitar kita. Kita bernafas menghirup gas oksigen dan mengeluarkan gas karbondioksida. Gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu:
  1. Gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya)
  2. Gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah.

Pernahkah melihat balon mengambang di udara? Balon itu berisi gas helium, yang merupakan jenis gas yang lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Hal itu menyebabkan gas melaju ke atas, membawa balon itu mengambang di udara. Contoh lain dari gas yang dapat ditemui dalam keseharian adalah saat air dipanaskan, air akan mengeluarkan uap yang merupakan gas.

Ayo Menulis
Kamu telah melakukan percobaan untuk mengetahui sifat benda gas. Apa yang kamu ketahui tentang benda gas? Tuliskan hasilnya pada kolom berikut! Perhatikan penulisan huruf besar dan tanda baca!
Benda gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat. Gas mempunyai sifat utama, yaitu gas tidak mempunyai bentuk yang tetap (bentuknya mengikuti wadah/ tempatnya, dan benda gas memiliki volume dan massa yang mudah berubah. Contoh benda gas yang dapat ditemui dalam keseharian diantaranya adalah asap kendaraan, awan, dan uap air.

Materi Bahasa Matematika KD 3.7 dan 4.7

A. Satuan Panjang

Ayo Mengamati

Pernahkah kamu naik alat transportasi seperti pada gambar? Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan denah jarak ke rumah nenek berikut ini!
Rumah Edo
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Jarak ini dapat ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari
rumah Edo ke kebun binatang 1.523 m. Satuan kilometer (km) dan meter (m) adalah satuan untuk menyatakan jarak.
Satuan Panjang
1km = 1.000 m

Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
5 km + 300 m = 5.000 m + 300 m = 5.300 m
Jadi, jarak rumah Edo ke rumah nenek adalah 5.300 m.

Jarak yang harus ditempuh Edo dari rumah ke kebun binatang 1.523 m. Berapa Jarak rumah Edo ke kebun binatang dalam satuan km dan m?
1.523 m = 1.000 m + 523 m = 1 km + 523 m

Ayo Membaca
Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui wujud benda. Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.

Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). Apakah yang dimaksud massa dan volume? Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?
.
Alat Ukur Berat
Ayo Berlatih
Perhatikan pengukuran massa benda berikut ini! Lingkari pernyataan yang benar!
No.KeteranganGambar
aBalok Y mempunyai massa yang lebih besar dari Balok H.
Balok
bGelas ukur yang berisi air mempunyai massa yang lebih besar dari gelas ukur yang kosong.
Gelas
cBotol B mempunyai massa yang lebih besar dari botol A. Botol B mempunyai berat yang lebih besar dari botol A.
Botol
dBola yang kempes mempunyai massa yang lebih kecil dari bola yang tidak kempes.
Bola
eEnam apel mempunyai massa yang sama dengan satu semangka. Oleh sebab itu, tiga apel mempunyai berat sama dengan satu semangka.
Apel

Berat dan massa mempunyai perbedaan. Massa benda di manamana sama. Namun, berat benda dapat berubah-ubah tergantung gaya tarik bumi di tempat itu. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi. Contohnya massa tubuh di bumi ataupun di bulan sama. Namun, berat tubuh di bumi dengan di bulan berbeda. Berat tubuh astronot di bulan lebih ringan daripada di bumi.

Dalam percakapan sehari-hari dan hitungan matematika, orang sering menyamakan istilah berat dengan massa. Seperti kita sering mendengar orang mengatakan, berapa beratmu? Adapun yang benar, berapa massamu?
Yang diukur pada timbangan adalah massa bukan berat. Namun, karena istilah berat sudah umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. Gravitasi di permukaan bumi relatif sama, sehingga penggunaan kata berat untuk menggantikan massa masih dibolehkan.

Ayo Mengamati
Selain massa, benda mempunyai volume. Apakah volume benda itu? Semua benda menempati ruang. Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume. Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.
Volume Akuarium

Volume akuarium A lebih besar daripada volume akuarium B. Pelajarilah tentang volume benda! Lakukan percobaan berikut bersama teman dalam kelompokmu!

Alat dan Bahan
  1. Gelas ukur
  2. Benda padat yang dapat dimasukkan ke dalam gelas ukur
  3. Air
  4. Balon (2 buah)

Langkah-Langkah Percobaan
  1. Isilah gelas ukur dengan air. Masukkan benda padat ke dalamnya.
  2. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda padat!
Benda Padat
  1. Apa yang terjadi sebelum dan setelah benda padat dimasukkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu! Setelah benda padat dimasukan ke dalam gelas ukur volume air bertambah.
  2. Isilah gelas ukur dengan air sebanyak 300 mililiter. Kemudian tambahkan hingga 600 mililiter. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda cair!
Volume Benda Cair
  1. Apa yang terjadi sebelum dan setelah air ditambahkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu! Setelah air ditambahkan ke dalam gelas volume air dalam gelas bertambah.
  2. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda gas!
Volume Benda Gas

  1. Apa yang terjadi sebelum dan setelah udara ditiupkan ke dalam balon? Tuliskan pengamatanmu! Balon mengembang setelah ditiup karena udara mengisi seluruh ruang dalam balon.

Kamu telah melaksanakan percobaan di atas! Coba lengkapi kalimat di bawah ini!
Benda di sekeliling kita terdiri atas benda hidup dan benda tak hidup Benda mempunyai tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Benda mempunyai ciri-ciri, yaitu memiliki masa dan ruang (volume)
Ayo Berlatih
Kamu telah melakukan percobaan kedua bersama temanmu. Percobaan kedua membuktikan bahwa benda gas mempunyai massa. Semakin besar massa benda, semakin besar pula beratnya. Kamu akan mengenal alat yang digunakan untuk menimbang berat. Alat-alat yang biasa digunakan untuk menimbang berat.
Timbangan
Pernahkah kamu melihat alat-alat di atas? Coba diskusikan dengan temanmu! Diskusi tentang kegunaan alat-alat tersebut!

Timbangan digunakan untuk menimbang berat, namun timbangan dirancang untuk kegunaan tertentu
  1. Timbangan beras digunakan untuk menimbang benda-benda yang memiliki berat lebih dari satu kuintal misalnya beras satu karung.
  2. Timbangan badan digunakan untuk mengukur berat badan seseorang.
  3. Timbangan kue digunakan menimbang bahan-bahan makanan yang kecil.
  4. Timbangan gantung digunakan untuk menimbang bayi di Posyandu.
  5. Timbangan warung digunakan untuk menimbang barang yang dijual.
  6. Neraca digunakan untuk menimbang benda (emas) dengan ketelitian hingga miligram.

Perhatikan satuan yang digunakan dalam timbangan berikut!
Timbangan2
Apakah satuan berat pada alat tersebut? Diskusikan bersama teman-temanmu! Kilogram (kg)

Perhatikan gambar berikut! Lani akan menentukan massa benda. Bantulah Lani memilih alat untuk menimbang yang sesuai!

Alat Timbang

 Untuk lebih memudahkan dalam hubungan antar satuan berat bisa memperhatikan tabel daftar ini!

  1. 1 kg = 10 ons
  2. 1 kg = 1000 gram
  3. 1 kg = 10 ons
  4. 1 ons= 100 gram
  5. 1 hg = 1 ons
  6. 1 kwintal = 100 kg
  7. 1 pon = 5 ons
  8. 1 ton = 1000 kg
  9. 1 ton = 10 kuintal


Satuan Berat
Gurumu sedang menjelaskan cara membaca timbangan. Perhatikan penjelasan gurumu! Bantulah Lani cara membaca timbangan kue! Gunakan satuan kilogram (kg) dan gram.
Timbangan

Materi PPKN KD 3.1 dan 4.1
Sikap Tolong Menolong

Ayo Berdiskusi
Permainan bola diperlukan kerja sama antaranggota kelompok. Bentuk kerja sama contohnya gotong royong.

Bacalah wacana di bawah ini!
Warga kampung tempat Siti tinggal sedang gotong royong. Mereka sedang menyiapkan lahan untuk
bermain anak-anak. Setiap warga membantu dengan caranya masing-masing.
Gotong Royong

Bapak-bapak membantu membersihkan lahan. Ada yang membantu tenaga. Ada yang membantu menyediakan bahan-bahan yang diperlukan. Seperti pasir, semen, cat, dan lainnya.

Ibu-ibu dan anak-anak juga tidak mau kalah. Ibu-ibu menyiapkan minuman dan makanan kecil. Anak-anak membantu membawakan makanan dan minuman.
Lahan tempat bermain dapat diselesaikan dengan cepat. Anak-anak bergembira. Karena anak-anak dapat bermain di lapangan.

Kamu telah membaca cerita di atas! Diskusikan dengan temanmu! Apa yang menyebabkan pekerjaan cepat selesai!
  1. Pekerjaan cepat selesai karena dilaksanakan secara bergotong royong. Gotong royong membuat masyarakat saling bahu-membahu untuk menolong satu sama lain.
  2. Gotong royong mengajari setiap orang untuk rela berkorban demi kepentingan bersama.
  3. Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong melahirkan persatuan sehingga mampu menghadapi permasalahan yang muncul. 
Kamu telah mengetahui kegiatan gotong royong. Tuliskan contoh kegiatan tersebut!
Di lingkungan tempat tinggalDi rumahDi Sekolah
  1. Memperbaiki tempat ibadah.
  2. Membangun Jalan
  3. Membersihkan Selokan
  1. Membersihkan rumah
  2. Merawat tanaman
  3. Membersihkan alat makan.
  1. Membersihkan ruang kelas
  2. Membersihan taman sekolah
  3. Mengerjakan mading sekolah
  

Materi  SBDP KD 3.3 dan 3.4


Gerak adalah unsur utama dalam sebuah tarian. Gerak Tari
yang terpadu antara satu posisi dengan posisi lainnya dapat membuat tarian menjadi lebih indah. Gerakan tari pada dasarnya meliputi gerak kepala, tangan dan kaki.
Setiap gerakan yang ditampilkan dalam tari tentunya membutuhkan tenaga. penggunaan tenaga dalam gerak tari meliputi:
  • Intensitas, berkaitan dengan jumlah tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak.
  • Aksen/tekanan, muncul saat gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras.
  • Kualitas, berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga.
Jika gerak yang dilakukan memiliki intensitas tinggi, maka tenaga yang diperlukan juga lebih besar. Begitupun sebaliknya, gerak dengan intensitas rendah memerlukan tenaga yang lebih lemah atau sedikit.
Dengan demikian, berdasarkan sifatnya, gerak dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gerak lemah dan gerak kuat. Perbedaan kuat atau lemahnya gerak tersebut berhubungan dengan tempo atau irama ketukan musik yang mengiringinya. Fungsinya untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian menarik untuk dinikmati.
Lalu, apa yang dimaksud dengan gerak kuat dan gerak lemah pada tari? Apa saja perbedaannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Gerak Lemah


Gerak lemah pada tari adalah gerak yang dilakukan dengan tidak menggunakan otot. Gerak lemah dilakukan dengan cara menghentakkan tubuh secara lambat dan perlahan.
Biasanya, gerak lemah diiringi dengan musik yang lembut dan mendayu untuk menggambarkan suasana yang sedih, haru, dan tenang. Gerakan tari yang lemah gemulai banyak terdapat pada tarian dari Jawa Tengah, seperti Tari Serimpi, Golek Sri Rejeki, dan Bedhaya.
Contoh gerak lemah pada tari antara lain mengangkat tangan kiri dan kanan, menurunkan tangan, menolehkan kepala, menggerakkan tangan ke kanan dan ke kiri, memutar pergelangan tangan, melambaikan tangan, merentangkan tangan, dan meluruskan dan menekuk tangan.

Gerak Kuat

Gerak kuat pada tari dilakukan dengan sekuat tenaga dan penuh semangat. Gerak kuat pada tari ditandai dengan tempo musik yang menghentak, dinamis, dan cepat untuk mengimbangi gerakan tersebut serta menunjukkan suasana semangat dan riang gembira.
Contoh gerak kuat pada tari antara lain menghentakkan kaki dan tangan, bertepuk tangan, berjinjit, menggeleng-gelengkan kepala dengan kuat, loncat, dan berputar dengan cepat.
Ada banyak tari tradisional Indonesia yang mempunyai gerakan yang kuat, misalnya Tari Jaipong dari Jawa Barat, Tari Saman dari Aceh, dan Tari Jatilan dari Jawa Timur.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 2 (WUJUD BENDA)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel