KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 1 (ANEKA BENDA DISEKITARKU)
Assalamualaikum anak-anak .. Bagaimana kabarnya? Semoga sehat yaa..
Hari ini kita akan mulai belajar TEMA 3 SUBTEMA 1. Ibu berharap kalian belajar dengan penuh semangat yaa! Kalian bisa bertanya pada orang tua atau keluarga di rumah jika ada hal yang kurang di pahami atau juga bisa bertanya pada Bu Guru dengan mengirimkan pesan atau videocall. jangan lupa selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar yaa.!
MATERI TEMA 3 SUBTEMA 1 ANEKA BENDA DISEKITARKU
MATERI B. INDONESIA
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?
Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.
Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?
Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.
Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
1. Ukuran
Benda yang ada di sekitar kita mempunyai beragam ukuran. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
2. Bentuk Benda
Benda-benda di sekitar kita mempunyai beragam bentuk. Perhatikan bentuk-bentuk benda di bawah ini.
3. Warna
Benda di sekitar kita mempunyai beragam warna. Perhatikan warna-warna benda di bawah ini!
1. Ukuran
Benda yang ada di sekitar kita mempunyai beragam ukuran. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
2. Bentuk Benda
Benda-benda di sekitar kita mempunyai beragam bentuk. Perhatikan bentuk-bentuk benda di bawah ini.
3. Warna
Benda di sekitar kita mempunyai beragam warna. Perhatikan warna-warna benda di bawah ini!
Menemukan Informasi tentang
Benda-Benda di Sekitar
• Kita dapat menemukan informasi
tersebut dengan cara membaca teks
secara cermat.
• Setelah membaca teks, kita dapat
menjawab pertanyaan-pertanyaan
yang diajukan.
• Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat kita
temukan dari teks yang kita baca.
Membuat Ringkasan dari Teks
tentang Benda-Benda di Sekitar
Kita dapat menggali
informasi dengan cara
membuat pertanyaan-pertanyaan tentang teks
yang kita baca. Pertanyaan-pertanyaan dapat
disusun dengan
menggunakan kata
tanya sesuai dengan
kebutuhan. Informasi yang
diperoleh dari teks
dapat digunakan
untuk membuat
ringkasan
Menemukan Kata-Kata Baru
di Dalam Teks tentang
Benda-Benda di Sekitar
Dalam teks, kita akan menemukan
banyak kata. Ada kata-kata yang sudah kita ketahui
artinya, namun ada juga kata-kata yang
belum kita ketahui artinya. Jika kita menjumpai kata-kata yang
belum kita ketahui artinya, kita dapat
mencari arti katanya dari Kamus Besar
Bahasa Indonesia (KBBI).
Membuat Kalimat menggunakan
Kata-Kata Baru dari Teks tentang
Benda-Benda di Sekitar
Kata-kata penting dari sebuah
teks tentang benda di sekitar, ada
yang belum kita ketahui artinya. Kata-kata itu dapat kita cari artinya
dengan menggunakan kamus. Setelah kita tahu artinya, kita
dapat membuat kalimat
menggunakan kata-kata tersebut.
Menyajikan Informasi tentang
Benda-Benda di Sekitar
Informasi tentang benda-benda di sekitar dapat
diperoleh dari teks yang
kita baca. Kita dapat mengajukan
pertanyaan untuk menggali
informasi yang ingin kita
ketahui dari teks. Setelah itu, kita dapat
menyajikan informasi
tersebut dalam bentuk
bagan.
Langkah-Langkah Menyajikan
Informasi dari Hasil Pengamatan
1. Menentukan judul teks
2. Membuat kerangka teks,
terdiri atas pembukaan,
inti, dan penutup
3. Membuat kalimat
pembukaan
4. Menuliskan informasi
penting dari hasil
pengamatan
5. Membuat kalimat penutup
MATERI PPKN
Pengertian Musyawarah
Sila keempat Pancasila
mengandung arti rakyat
Indonesia berkumpul dan
bermusyawarah untuk
menyelesaikan suatu
masalah tertentu.
Musyawarah merupakan pembahasan
bersama untuk menyelesaikan masalah dan
mendapatkan keputusan bersama. Jika musyawarah menemukan jalan buntu,
keputusan bersama dapat dilakukan dengan
cara pengambilan suara terbanyak (voting).
Manfaat Bermusyawarah
1. Melatih kita untuk berani menyatakan
pendapat.
2. Menyelesaikan masalah yang ada dengan baik.
3. Mengambil keputusan yang adil dan bijaksana.
4. Menciptakan rasa kebersamaan
dan tanggung jawab.
5. Menghargai pendapat
orang lain.
Sikap yang Harus Dijaga saat
Bermusyawarah
1. Saat menyampaikan pendapat,
sebaiknya kita melakukannya
dengan sikap yang santun.
2. Saat orang lain berpendapat, kita
sebaiknya mendengarkan dengan
saksama dan menghargainya.
3. Hasil musyawarah merupakan keputusan
terbaik yang disepakati bersama. Jika
pendapat kita tidak digunakan dalam
pengambilan keputusan, kita harus
menerimanya dengan lapang dada.
Melaksanakan
musyawarah merupakan
perwujudan pengamalan
sila keempat Pancasila.
MATERI SBdP
Alat Musik Ritmis
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasilkan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasilkan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Pola Irama Sederhana
• Pola irama adalah
susunan bunyi dalam
satu birama yang
muncul berulang
-ulang
dan teratur dalam
sebuah lagu.
• Pola irama disesuaikan
dengan birama yang
dimainkan pada lagu,
yaitu pola irama birama
2, birama 3, dan
birama 4.
Pola irama birama 2 memiliki dua
hitungan dalam setiap biramanya
Pola irama birama 3 memiliki tiga
hitungan dalam setiap biramanya
MATERI MATEMATIKA
Apakah kamu pernah melihat benda-benda di bawah ini?
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur.
Setiap alat ukur mempunyai satuan. Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm.
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur.
Setiap alat ukur mempunyai satuan. Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm.
km = Kilo MeterSatuan yang akan diukur menentukan alat ukur yang digunakan. Selain itu benda yang akan kita ukur panjangnya juga menentukan alat ukur yang digunakan. Alat yang digunakan untuk mengukur panjang kelas akan berbeda dengan alat ukur yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya.
hm = Hekto Meter
dam = Deka Meter
m = Meter
dm = Desi Meter
cm = Centi Meter
mm = Mili Meter
Pengukuran Panjang dengan
Satuan Baku
Alat ukur panjang baku:
Penggaris digunakan untuk
mengukur benda-benda yang
panjangnya kurang dari 1 meter.
Meteran pita atau
meteran kain biasanya
digunakan penjahit untuk
mengukur panjang kain.
Meteran rol kecil
biasanya digunakan untuk
mengukur panjang kayu.
Meteran rol besar
digunakan untuk
mengukur panjang tanah
atau lapangan.
Pengukuran dengan Alat Ukur
Panjang yang Berbeda
1. Penggaris dapat digunakan untuk
mengukur panjang garis atau benda-benda
yang ukurannya tidak terlalu panjang. Hasil pengukuran ditulis dalam satuan
milimeter (mm), sentimeter (cm), atau inci.
2. Meteran pita dapat digunakan untuk
mengukur bahan (kain) atau anggota tubuh
karena sifatnya yang lentur. Hasil pengukuran dapat ditulis dalam satuan
sentimeter (cm) atau meter (m).
3. Meteran rol kecil biasanya digunakan oleh tukang kayu atau pekerja bangunan karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa. Hasil pengukuran dapat ditulis dalam satuan cm atau m.
4. Meteran rol besar biasa digunakan oleh tukang
bangunan untuk pengukuran tanah. Hasil pengukuran dapat ditulis dalam satuan cm atau m.
Kesetaraan Satuan Panjang Baku (1)
Hasil pengukuran panjang tersebut
dapat dinyatakan dengan satuan
baku meter (m), sentimeter (cm),
dan millimeter (mm).
Kesetaraan Satuan Panjang Baku (2)
• Satuan baku yang sering kita gunakan
sehari-hari, antara lain m dan cm.
• Saat melakukan pengukuran, kadang hasil
pengukuran tidak tepat menunjuk ke angka
tertentu.
Perhatikan contoh berikut:
• Hasil pengukuran tidak tepat menunjuk
ke angka 1 m, tetapi 1 m lebih 5 cm.
• Jadi, panjang sapu pada gambar adalah
1 m 5 cm = 105 cm.
TUGAS !!!
Kerjakan LKS :
Senin, 13 September 2021
1. Latihan Pembelajaran 1 Halaman 4-5.
2. Latihan Pembelajaran 2 Halaman 6-8.
2. Latihan Pembelajaran 2 Halaman 6-8.
Selasa, 14 September 2021
3. Latihan Pembelajaran 3 Halaman 8-10.
3. Latihan Pembelajaran 3 Halaman 8-10.
Rabu, 15 September 2021
4. Latihan Pembelajaran 4 Halaman 11-13.
Kamis, 16 September 2021
5. Latihan Pembelajaran 5 Halaman 13-15.
Jum'at, 17 September 2021
6. Latihan Pembelajaran 6 Halaman 16-18.
6. Latihan Pembelajaran 6 Halaman 16-18.
Selamat mengerjakan J
Belum ada Komentar untuk "KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 1 (ANEKA BENDA DISEKITARKU) "
Posting Komentar