KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 1 (ANEKA BENDA DISEKITARKU)

 Assalamualaikum anak-anak ..  Bagaimana kabarnya? Semoga sehat yaa..

Hari ini kita akan mulai belajar  TEMA 3 SUBTEMA 1.  Ibu berharap kalian belajar  dengan penuh semangat  yaa! Kalian bisa bertanya pada orang tua atau  keluarga di rumah jika ada hal yang kurang di pahami atau juga bisa bertanya pada Bu Guru dengan mengirimkan pesan atau videocall. jangan lupa selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar yaa.! 

MATERI TEMA 3 SUBTEMA 1 ANEKA BENDA DISEKITARKU



MATERI B. INDONESIA

Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?

Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.

Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?

Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.


Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.

1. Ukuran
Benda yang ada di sekitar kita mempunyai beragam ukuran. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
Ukuran Benda

2. Bentuk Benda
Benda-benda di sekitar kita mempunyai beragam bentuk. Perhatikan bentuk-bentuk benda di bawah ini.
Bentuk Benda

3. Warna
Benda di sekitar kita mempunyai beragam warna. Perhatikan warna-warna benda di bawah ini!
Warna Benda
Menemukan Informasi tentang Benda-Benda di Sekitar 
• Kita dapat menemukan informasi tersebut dengan cara membaca teks secara cermat. 
• Setelah membaca teks, kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.
• Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat kita temukan dari teks yang kita baca.

Membuat Ringkasan dari Teks tentang Benda-Benda di Sekitar
Kita dapat menggali informasi dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan tentang teks yang kita baca. Pertanyaan-pertanyaan dapat disusun dengan menggunakan kata tanya sesuai dengan kebutuhan.  Informasi yang diperoleh dari teks dapat digunakan untuk membuat ringkasan

Menemukan Kata-Kata Baru di Dalam Teks tentang Benda-Benda di Sekitar
Dalam teks, kita akan menemukan banyak kata. Ada kata-kata yang sudah kita ketahui artinya, namun ada juga kata-kata yang belum kita ketahui artinya. Jika kita menjumpai kata-kata yang belum kita ketahui artinya, kita dapat mencari arti katanya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Membuat Kalimat menggunakan Kata-Kata Baru dari Teks tentang Benda-Benda di Sekitar
Kata-kata penting dari sebuah teks tentang benda di sekitar, ada yang belum kita ketahui artinya. Kata-kata itu dapat kita cari artinya dengan menggunakan kamus. Setelah kita tahu artinya, kita dapat membuat kalimat menggunakan kata-kata tersebut.
  
Menyajikan Informasi tentang Benda-Benda di Sekitar
Informasi tentang benda-benda di sekitar dapat diperoleh dari teks yang kita baca. Kita dapat mengajukan pertanyaan untuk menggali informasi yang ingin kita ketahui dari teks. Setelah itu, kita dapat menyajikan informasi tersebut dalam bentuk bagan.

Langkah-Langkah Menyajikan Informasi dari Hasil Pengamatan
1. Menentukan judul teks 
2. Membuat kerangka teks, terdiri atas pembukaan, inti, dan penutup 
3. Membuat kalimat pembukaan 
4. Menuliskan informasi penting dari hasil pengamatan 
5. Membuat kalimat penutup

MATERI PPKN



Pengertian Musyawarah
Sila keempat Pancasila mengandung arti rakyat Indonesia berkumpul dan bermusyawarah untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.   
Musyawarah merupakan pembahasan bersama untuk menyelesaikan masalah dan mendapatkan keputusan bersama. Jika musyawarah menemukan jalan buntu, keputusan bersama dapat dilakukan dengan cara pengambilan suara terbanyak (voting).

Manfaat Bermusyawarah
1. Melatih kita untuk berani menyatakan pendapat. 
2. Menyelesaikan masalah yang ada dengan baik. 
3. Mengambil keputusan yang adil dan bijaksana. 
4. Menciptakan rasa kebersamaan dan tanggung jawab. 
5. Menghargai pendapat orang lain.

Sikap yang Harus Dijaga saat Bermusyawarah
1. Saat menyampaikan pendapat, sebaiknya kita melakukannya dengan sikap yang santun.
2. Saat orang lain berpendapat, kita sebaiknya mendengarkan dengan saksama dan menghargainya.
3. Hasil musyawarah merupakan keputusan terbaik yang disepakati bersama. Jika pendapat kita tidak digunakan dalam pengambilan keputusan, kita harus menerimanya dengan lapang dada.

Melaksanakan musyawarah merupakan perwujudan pengamalan sila keempat Pancasila.

MATERI SBdP

Alat Musik Ritmis

Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.

Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasilkan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Alat Musik Ritmis

Pola Irama Sederhana



• Pola irama adalah susunan bunyi dalam satu birama yang muncul berulang -ulang dan teratur dalam sebuah lagu. 
 • Pola irama disesuaikan dengan birama yang dimainkan pada lagu, yaitu pola irama birama 2, birama 3, dan birama 4. 
Pola irama birama 2 memiliki dua hitungan dalam setiap biramanya 


Pola irama birama 3 memiliki tiga hitungan dalam setiap biramanya






MATERI MATEMATIKA

Apakah kamu pernah melihat benda-benda di bawah ini?
Ukuran
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur.

Setiap alat ukur mempunyai satuan. Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm. 
km = Kilo Meter
hm = Hekto Meter
dam = Deka Meter
m = Meter
dm = Desi Meter
cm = Centi Meter
mm = Mili Meter
Satuan yang akan diukur menentukan alat ukur yang digunakan. Selain itu benda yang akan kita ukur panjangnya juga menentukan alat ukur yang digunakan. Alat yang digunakan untuk mengukur panjang kelas akan berbeda dengan alat ukur yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya.

Pengukuran Panjang dengan Satuan Baku
Alat ukur panjang baku:

Penggaris digunakan untuk mengukur benda-benda yang panjangnya kurang dari 1 meter.

              
Meteran pita atau meteran kain biasanya digunakan penjahit untuk mengukur panjang kain.

                
Meteran rol kecil biasanya digunakan untuk mengukur panjang kayu. 

                      
Meteran rol besar digunakan untuk mengukur panjang tanah atau lapangan. 

Pengukuran dengan Alat Ukur Panjang yang Berbeda

1. Penggaris dapat digunakan untuk mengukur panjang garis atau benda-benda yang ukurannya tidak terlalu panjang. Hasil pengukuran ditulis dalam satuan milimeter (mm), sentimeter (cm), atau inci. 

2. Meteran pita dapat digunakan untuk mengukur bahan (kain) atau anggota tubuh karena sifatnya yang lentur. Hasil pengukuran dapat ditulis dalam satuan sentimeter (cm) atau meter (m).  

3. Meteran rol kecil biasanya digunakan oleh tukang kayu atau pekerja bangunan karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa. Hasil pengukuran dapat ditulis dalam satuan cm atau m. 


4. Meteran rol besar biasa digunakan oleh tukang bangunan untuk pengukuran tanah. Hasil pengukuran dapat ditulis dalam satuan cm atau m.



Kesetaraan Satuan Panjang Baku (1)
Hasil pengukuran panjang tersebut dapat dinyatakan dengan satuan baku meter (m), sentimeter (cm), dan millimeter (mm).


 


Kesetaraan Satuan Panjang Baku (2)
• Satuan baku yang sering kita gunakan sehari-hari, antara lain m dan cm. 
• Saat melakukan pengukuran, kadang hasil pengukuran tidak tepat menunjuk ke angka tertentu.

Perhatikan contoh berikut:
1. 
2. 



• Hasil pengukuran tidak tepat menunjuk ke angka 1 m, tetapi 1 m lebih 5 cm. 
• Jadi, panjang sapu pada gambar adalah 1 m 5 cm = 105 cm. 



TUGAS !!!

Kerjakan LKS :

Senin, 13 September 2021

1. Latihan Pembelajaran  1  Halaman 4-5. 
2. Latihan Pembelajaran  2  Halaman 6-8.

Selasa, 14 September 2021
3. Latihan Pembelajaran  3  Halaman 8-10.

Rabu, 15 September 2021
4. Latihan Pembelajaran  4  Halaman 11-13.

Kamis, 16 September 2021
5. Latihan Pembelajaran  5  Halaman 13-15. 

Jum'at,  17 September 2021
6. Latihan Pembelajaran  6  Halaman 16-18.  
 
Selamat mengerjakan J 
 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "KELAS 3 TEMA 3 SUBTEMA 1 (ANEKA BENDA DISEKITARKU) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel