KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 PENGARUH PERUBAHAN CUACA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA
Assalamualaikum anak-anak yang
sholih dan sholihah .. Bagaimana kabarnya? Semoga sehat yaa.. Hari ini kita akan mulai belajar Tema 5.
Ibu berharap kalian belajar dengan penuh semangat yaa! Kalian
bisa bertanya pada orang tua atau keluarga di rumah jika ada hal yang
kurang di pahami. Jangan lupa
selalu berdoa sebelum dan sesudah belajar yaa.!
PEMBELAJARAN 5
Ayo Mengamati
Sepulang sekolah, Siti menonton berita di
televisi. Pembawa acara menyampaikan prakiraan cuaca hari ini. Cuaca di daerah
Siti diperkirakan hujan. Awalnya, Siti berencana bermain sepeda bersama Lani.
Setelah mendengar prakiraan cuaca di televisi. Siti mengurungkan niatnya. Ia
akan menelepon Lani untuk membatalkan rencana mereka. Simaklah percakapan di telepon antara Siti dan Lani.
Lengkapi kalimat yang rumpang dengan kata yang ada pada kotak di bawah ini!
prakiraan-mendung-berawan-sepeda-batalkan-esok-hujan-cerah
Siti |
: |
Halo, selamat siang. Bisa bicara dengan Lani? |
Lani |
: |
Halo, iya ini Lani. Siapakah ini? |
Siti |
: |
Hai, Lani. Ini Siti. |
Lani |
: |
Hai, Siti. Ada apa? |
Siti |
: |
Lani, aku baru saja menonton prakiraan cuaca. Diperkirakan sore ini akan |
Lani |
: |
Oh, ya? Wah, padahal kita berencana akan main sepeda keliling komplek
sore ini. |
Siti |
: |
Iya, sepertinya kita batalkan saja rencana kali ini. Mungkin bisa kita
lakukan |
Lani |
: |
Baiklah Siti, tidak apa-apa. Kita lakukan lain waktu saat cuaca
cerah |
Siti |
: |
Oke, Lani, sampai jumpa besok di sekolah. |
Lani |
: |
Sampai jumpa. |
Ayo Berlatih
Perubahan cuaca dapat terjadi setiap saat.
Terkadang kita sudah merencanakan sesuatu. Akan tetapi, mungkin tidak dapat
kita lakukan. Hal ini disebabkan cuaca yang tidak mendukung. Pernahkah kamu
mengalami hal yang sama seperti Siti dan Lani?
Buatlah percakapan bersama tiga temanmu.
Percakapan tentang rencana yang berubah dikarenakan perubahan cuaca. Sebelum
memulai percakapan, buatlah daftar pertanyaannya terlebih dahulu.
Daftar pertanyaan dapat kamu buat seperti
berikut.
1. Apa yang akan kamu lakukan? Bermain layang-layang
2. Bersama siapa saja rencana itu akan dilakukan? Budi, Udin, dan Wawan
3. Kapan rencana tersebut dilakukan? Sore hari saat cuaca cerah
4. Dimana akan dilakukannya? Lapangan komplek
5. Mengapa tidak jadi dilakukan? Sore hari cuaca mendung
6. Bagaimana solusinya? Rencana diundur menunggu cuaca cerah
Susunlah hasil percakapan kalian di bawah ini.
Tiga anak siswa kelas III yaitu Budi, Udin dan
Wawan berencana akan bermain-layang-layang bersama. Ketiganya sudah berkumpul
di teras rumah Budi sore itu,
Budi |
: |
Bagaimana, sudah siap main layang-layang Din? |
Udin |
: |
Sesuai rencana sih memang sore ini. Sayangnya cuaca sore ini mendung. |
Wawan |
: |
Iya, nih sayang sekali. |
Budi |
: |
Kata Pak Guru saat cuaca mendung sangat berbahaya bermain layang-layang. |
Wawan |
: |
Mengapa bisa begitu Bud? |
Udin |
: |
Iya..apa bahayanya. |
Budi |
: |
Saat cuaca mendung sering terjadi kilat dan petir. Petir dapat menyambar
apa saja yang dilaluinya. |
Wawan |
: |
Wah mengerikan sekali tuh. |
Udin |
: |
Sebaiknya kita batalkan saja rencana sore ini. Bagaimana Bud? |
Budi |
: |
Sebaiknya sih begitu karena demi keamanan diri kita sendiri. Mungkin
sebaiknya rencana kita laksanakan saat cuaca cerah. Bagaimana Wan? |
Wawan |
: |
Saya setuju, diganti lain waktu saja. |
Akhirnya Udin dan Wawan
berpamitan pada Budi. Mereka menunda rencana bermain layang-layang demi
keamanan diri masing-masing.
Mengamati
Siti membatalkan rencana bersepeda bersama Lani.
Ia menggantinya dengan membaca buku. Buku yang baru dibeli Ayah kemarin.
Selain hobi membaca, Siti juga suka menari. Ayah
menghadiahi Siti sebuah buku. Buku itu bercerita tentang tarian tradisional
Indonesia. Tahukah kamu tarian apa saja yang ada di Indonesia?
Tarian Nusantara sangat
beragam. Kita boleh mempelajarinya. Tidak selalu harus sesuai dengan daerah
asal kita. Boleh dari berbagai daerah. Yuk, kita pelajari beragam tarian
Nusantara Indonesia.
Ayo Berlatih
Berlatihlah satu tarian Nusantara. Kalian dapat
belajar dari teman. Dapat juga dengan orang tua teman yang pandai menari. Atau,
belajar melalui video. Cintailah budaya nusantara kita. Latihan menari sungguh menyenangkan. Ini dapat
dijadikan kegiatan alternatif di saat hujan. Selesai berlatih, Siti
beristirahat sejenak. Siti menikmati buah semangka yang telah disiapkan oleh
Ibu. Satu buah semangka, awalnya dipotong
menjadi 2 bagian. Lalu dipotong lagi menjadi 4 bagian. Siti baru memakan
seperempat bagian. Ia akan melanjutkan seperempat bagian lagi setelah makan
malam. Pernyataan di atas dapat kita tulis dalam bentuk operasi matematika.
1 |
+ |
1 |
= |
2 |
|
4 |
4 |
4 |
Selesaikanlah soal-soal
di bawah ini. Lakukan dengan menulis bentuk operasi matematika. Lalu tentukan
hasilnya!
1. Seorang petani memiliki sepetak sawah. Ia
mencangkul 1/4 bagian sawah. Kemudian, ia mencangkul lagi 2/4 bagian sawah.
Berapa bagian sawah yang telah dicangkul petani?
1 |
+ |
2 |
= |
3 |
|
4 |
4 |
4 |
2. Beni memiliki pohon
rambutan yang sedang berbuah. Beni berhasil memetik 1/5 keranjang. Sementara
ayah berhasil memetik 3/5 . Berapa jumlah rambutan yang berhasil dipetik Beni
dan ayah?
1 |
+ |
3 |
= |
4 |
|
5 |
5 |
5 |
3. Ibu dan Siti akan
membuat kue bolu. Ibu menghabiskan 3/4 kg tepung untuk satu loyang kue bolu.
Ibu akan membuat 3 loyang kue bolu. Berapa jumlah tepung yang ibu butuhkan
untuk 3 loyang kue bolu?
3 |
+ |
3 |
+ |
3 |
= |
9 |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
4. Edo memiliki tali
dengan panjang 1/5 m. Sementara, Beni memiliki tali dengan panjang 1/5 m. Lani
memiliki tali dengan panjang 3/5 m. Udin memiliki tali dengan panjang 2/5 m.
Berapakah panjang tali Edo dan Beni? Berapa pula panjang tali Lani dan Udin?
Tali siapakah yang lebih panjang?
Edo dan Beni
1 |
+ |
1 |
= |
2 |
|
5 |
5 |
5 |
Udin dan Lani
2 |
+ |
3 |
= |
5 |
|
5 |
5 |
5 |
Tali Udin dan Lani
lebih panjang dibandingkan dengan tali Edo dan Beni
5. Ibu memiliki 1/4 kg telur di rumah. Untuk
persediaan, ibu membeli lagi 1/4 kg telur. Pulang dari kantor, ayah membawakan
2/4 kg telur untuk ibu. Berapa kg jumlah telur ibu sekarang?
1 |
+ |
1 |
+ |
2 |
= |
4 |
|
4 |
4 |
4 |
4 |
Nah itulah materi Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 5
Semoga bermanfaat πππ
Jangan Lupa !πππ
TUGAS !!!
Kerjakan LKS Latihan Pembelajaran 5 Halaman 66 Selamat
mengerjakan J
Belum ada Komentar untuk "KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 PENGARUH PERUBAHAN CUACA TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA"
Posting Komentar