KELAS 5 BAHASA INDONESIA (Langkah-langkah Menulis Informasi Penting dalam Bacaan) TEMA 5

 

ASSALAMU’ALAIKUM

Halo anak-anak hari ini kita belajar tentang langkah-langkah menulis informasi penting dalam bacaan. Mari kita simak materi di bawah ini bersama-sama.

1.  Membaca secara keseluruhan teks dengan teliti

Membaca teliti adalah kegiatan membaca yang dilakukan secara teliti untuk dapat memahami, menilai, serta mengevaluasi suatu informasi tertentu dalam media tulisan. Sama pentingnya dengan membaca sekilas, kita acapkali perlu membaca dengan teliti bacaan-bacaan yang kita sukai. Jenis membaca teliti ini menuntut suatu pemutaran atau pembalikkan Pendidikan yang menyeluruh.

2.  Menemukan hal-hal penting dalam teks yang dibaca

Mengawali membaca teks secara cermat dengan memerhatikan setiap kata atau kalimat yang dibaca. Berilah garis pada hal-hal penting yang perlu di ingat. Mulai merangkum hal penting yang sudah di beri garis. Pokok Informasi adalah inti dari teks yang sudah kamu rangkum

3.  Menyimpulkan isi teks yang dibaca

Menyimpulkan isi teks merupakan kegiatan menyajikan karangan yang panjang menjadi ringkas. Jadi menyimpulkan isi teks yaitu suatu kegiatan memotong/ memangkas karangan yang panjang dengan cara membuat pokok uraian saja dan bagian yang dianggap kurang penting dibuang.

4.  Membuat laporan tentang informasi penting yang didapatkan dari teks yang dibaca.

Berdasarkan langkah-langkah pada poin 1-3 kita dapat membuat laporan dari informasi yang sudah kita dapatkan dari teks/bacaan yang kita baca. Laporan tersebut ditulis sesuai dengan penggunaan bahasa yang baik dan benar.

 

TUGAS!

Buatlah laporan dari informasi yang kamu dapat dari bacaan “Rantai Makanan”

 

GURU KELAS 5

Dra. Elis Ratnawati

Rio Annaas Islamiyah, S.Pd.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "KELAS 5 BAHASA INDONESIA (Langkah-langkah Menulis Informasi Penting dalam Bacaan) TEMA 5"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel