Kelas 4, Matematika, {Materi Pembulatan ke Ratusan Terdekat}
💗Kelas 4, Matematika
💗Selasa, 10 November 2020
💟Pembulatan ke Ratusan Terdekat
💛Menaksirkan hasil penjumlahan atau pengurangan dua bilangan berarti memperkirakan hasil penjumlahan atau pengurangan dari kedua bilangan tersebut. Caranya dengan membulatkan kedua bilangan kemudian hasil pembulatan tersebut dijumlahkan atau dikurangkan.
💛Contoh pembulatan ke satuan terdekat. Angka persepuluhan (desimal) kurang dari 0,5 dibulatkan ke nol. Sedangkan angka persepuluhan (decimal) lebih atau sama dengan 0,5 dibulatkan kesatu. Seperti 29,4 dibulatkan menjadi 29 karena 0,4 kurang dari 0,5. Dan 23,7 dibulatkan menjadi 24 karena 0,7 lebih dari 0,5. Pembulatan ini juga berlaku pada menentukan penaksiran ini.
💛Langkah pertama, bulatkan setiap bilangan ke ratusan terdekat. Caranya sebagai berikut.
💛Perhatikan angka puluhannya. Jika puluhannya kurang dari 50 dibulatkan menjadi 0. Jika puluhannya lebih atau sama dengan 50 maka dibulatkan menjadi 100.
💚Contohnya taksiran dari 599 – 222
599 → 99 lebih dari 50 dibulatkan menjadi 100, 500 + 100 = 600
Berarti 599 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 600.
222 → 22 kurang dari 50 dibulatkan menjadi 0, 200 + 0 = 200
Berarti 222 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 200.
Langkah kedua, kurangkan hasil pembulatan dari kedua bilangan. 600 – 200 = 400
Jadi, taksiran ke ratusan terdekat dari 599 – 222 adalah 400.
Ditulis 599 – 222 ≈ 400
💚Dalam menentukan taksiran kepuluhan langkah dalam operasi penjumlahan maupun pengurangan memiliki langkah yang sama, jadi langkah-langkah diatas juga berlaku untuk operasi penjumlahan.
Contoh :
169 + 205 = 200 + 200 ≈ 400
527 + 375 = 500 + 400 ≈ 900
384 – 178 = 400 – 200 ≈ 200
508 – 199 = 500 – 200 ≈ 300
711 – 295 = 700 – 300 ≈ 400
💟Tugas!
Ayo kerjakan Latihan Soal di LKS Matematika Tugas Mandiri 7 Halaman 52-53!
💛SELAMAT MENGERJAKAN!
Belum ada Komentar untuk "Kelas 4, Matematika, {Materi Pembulatan ke Ratusan Terdekat}"
Posting Komentar