BULAN BAHASA SD MUHAMMADIYAH 03 TUMPANG



Tahukah kamu bahwa setiap bulan Oktober, Indonesia merayakannya sebagai bulan bahasa Indonesia? Mengapa bulan Oktober, bukan bulan lainnya? Bagaimana cara memperingati bulan bahasa dan sastra Indonesia dengan semestinya?

Barangkali memang peringatan bulan bahasa dan sastra Indonesia belum banyak diketahui bahkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia itu sendiri. Biasanya, kalangan akademisi, penggiat bahasa, pemerhati bahasa, serta orang-orang yang turut memfokuskan kegiatan dengan hal-hal kebahasaan saja yang mengetahuinya. Pada bulan ini, kegiatan seperti lomba menulis puisi, lomba menulis cerpen, lomba pidato, dan perlombaan lain yang berkenaan dengan bahasa diadakan untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai adanya bulan bahasa dan sastra Indonesia.

Alasan bulan Oktober dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra merujuk pada sejarah bangsa. Pada bulan ini, tepatnya 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah pemuda, ditetapkan pula bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat, yakni bahasa Indonesia. 

sebagai wujud kecintaan terhadap bahasa dan sastra Indonesia! SD Muhammadiyah 03 Tumpang melaksanakan kegiatan Bulan Bahasa ini dengan di isi kegiatan sebagai berikut :

Kelas 1  : Membuat Puisi

Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang cukup digemari oleh semua kalangan. Bahasanya yang indah dan penuh makna menjadi salah satu alasan puisi selalu menarik perhatian. Selain itu, tak jarang seseorang menggunakan media puisi untuk menyatakan kasih sayang kepada orang tua.

Indonesia sendiri memiliki banyak penyair besar yang telah menghasilkan karya-karya puisi yang fenomenal, seperti Chairil Anwar, WS Rendra, Taufik Ismail, Sapardi Joko Damono, Joko Pinurbo dan lain sebagainya. Beberapa sastrawan tersebut memiliki gaya bahasanya masing-masing saat menulis dan membaca puisi.

Kelas 2 : Menulis Surat Rindu Untuk Guru

Kelas 3 : Membuat Cerita Bergambar

Cerita bergambar adalah Gambar yang diberi teks. inti dari ceritanya adalah narasinya (teks), sedangkan gambar hanya sebagai ilustrasi pelengkap. 

Beberapa tokoh cergam klasik Indonesia adalah Taguan Harjo, R.A. Kosasih, Ardisoma, Ganes Th, Yan Mintaraga, Teguh Santosa, Dwi Koendoro, dan San Wilantara.

contoh cerita bergambar :


 

Kelas 4 :Menulis Cerita Pengalaman

Kelas 5 : Membuat Komik

komik adalah media yang dipakai untuk menggambarkan ide melalui gambar dan sering dipadukan dengan teks maupun informasi visual yang lain. Bentuk komik yang sering dipakai adalah urutan panel bersandingan.

Komik merupakan karya sastra dengan gambar yang didalamnya ada tokoh utama. Umumnya, komik berisi cerita fiksi.

contoh komik : 



Kelas 6 : Membuat Cerpen

Cerita pendek atau sering disingkat sebagai cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "BULAN BAHASA SD MUHAMMADIYAH 03 TUMPANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel